ANALISIS INSTRUMEN PENILAIAN HOTS BERBASIS GAME MATA PELAJARAN IPA UNTUK PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Authors

  • Mutiara Fitrianingsih Universitas Negeri Semarang
  • Arif Widiyatmoko Universitas Negeri Semarang
  • Stephani Diah Pamelasari Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Game, HOTS, Instrumen, Pembelajaran Jarak Jauh

Abstract

Pendidikan adalah tantangan besar abad ini. Jika tidak mengubah cara mendidik dan belajar mengajar, maka 30 tahun mendatang kita akan mengalami kesulitan besar. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin pesat seiring dengan perkembangan abad 21. Pembelajaran abad 21 harus melatih peserta didik untuk memiliki 4 kompetensi (4C) yaitu critical thinking, communication, collaboration, dan creativity. Permasalahan yang terjadi saat ini yaitu kemampuan siswa dalam memahami materi yang kompleks dan kemampuan dalam daya analisis pada masa pandemi Covid-19 dengan sistem pembelajaran jarak jauh tergolong rendah sehingga diperlukan instrumen yang memiliki kemampuan berpikir tinggi. Higher Order Thinking Skills (HOTS) adalah suatu proses berpikir peserta didik dalam tingkat kognitif yang lebih tinggi yang dikembangkan dari berbagai metode pembelajaran kognitif dan taksonomi pembelajaran seperti metode problem solving; taksonomi bloom; dan taksonomi pembelajaran, pengajaran, dan konsep. Berdasarkan permasalahan yang terjadi untuk mempermudah pembelajaran secara online (daring) diperlukan media yang relevan, dengan menggunakan media aplikasi Quizizz dan Kahoot yang bernilai edukasi dan diharapkan peserta didik dapat belajar dengan inovatif sehingga akan lebih mempermudah dalam melaksanakan pembelajaran. Dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan
multimedia lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil tes kelas eksperimen (78,67) lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas kontrol (56,48). Selain itu jumlah peserta didik yang tuntas pada kelompok eksperimen lebih banyak dibandingkan dengan kelompok kontrol yaitu 19 peserta didik pada kelompok eksperimen dengan persentase ketuntasan 79,17% dan pada kelompok kontrol 4 peserta didik dengan persentase ketuntasan 16%.

Downloads

Published

2022-08-24

Issue

Section

Articles