PENERAPAN MEDIA AUGMENTED REALITY PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA

Authors

  • Wismaning Raras Djati Universitas Negeri Semarang
  • Arif Widiyatmoko Universitas Negeri Semarang
  • Stephani Diah Pamelasari Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Augmented Reality, Berpikir Tingkat Tinggi, Media Penunjang, Teknologi

Abstract

Teknologi semakin dibutuhkan termasuk di dalam dunia pendidikan. Teknologi yang terus berkembang memudahkan proses pembelajaran di sekolah. Sekolah biasanya membutuhkan suatu media penunjang untuk membantu proses belajar peserta didik. Karena itu diperlukannya media penunjang berbasis teknologi yang bukan hanya dapat membantu proses pembelajaran dari guru namun juga melatih siswa dalam berpikir tingkat tinggi. Salah satu media yang saat ini sedang terus dikembangkan untuk membantu proses belajar-mengajar adalah pemanfaatan Augmented Reality (AR). AR ini dapat digunakan dengan mudah oleh peserta didik di manapun dan kapanpun, AR sebagai media untuk membantu proses belajar siswa terutama pada materi yang perlu dilakukan suatu pengamatan atau praktik di dalam IPA. Bagi tenaga pendidik maupun peserta didik dapat mempelajari pembuatan serta pengoperasian media teknologi AR ini. Sebelum digunakan, AR perlu dibuat terlebih dahulu sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Dalam hal ini dipilih materi dalam IPA yaitu sistem regulasi pada bagian otak. Dengan penggunaan AR ini dapat melatih siswa untuk berpikir tingkat tinggi sejalan dengan perkembangan zaman yang sedang dihadapi. Media penunjang yang dibutuhkan untuk pendidikan saat ini perlu memanfaatkan suatu teknologi. Augmented Reality adalah teknologi yang mampu menjadi media penunjang pembelajaran untuk siswa dan dapat melatih kemampuan siswa dalam proses berpikir tingkat tinggi.

Downloads

Published

2022-08-24

Issue

Section

Articles