“Avicom” Lomba Kreativitas Sains: Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Kompetensi Mengamati Melakukan Percobaan dan Komunikasi

Authors

  • Acep Musliman Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Fitri Damayanti Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Keywords:

Keterampilan Proses Sains, Komunikasi, Mengamati, Merancang Proyek

Abstract

Pendekatan ilmiah menjadi pilihan terbaik dalam proses pembelajaran sains, dan Keterampilan Proses Sains (KPS) menjadi prasyarat sehingga pembelajaran dengan pendekatan ini dapat berjalan. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui dampak peningkatan KPS siswa melalui kegiatan lomba karya ilmiah siswa “Avicom” yang diselenggarakan di SMA Avicenna Cinere dengan diikuti oleh 9 kelompok siswa SMP dari berbagai daerah di Indonesia. Metode kajian kualitatif yaitu mereview aktivitas peserta kegiatan lomba antara lain; mengamati permasalahan, merancang proyek percobaan sebagai karya, dan menyampaikan produk karya ilmiah. Ketiga aktivitas yang direview merupakan keterampilan dasar ilmiah sebagai kemampuan dasar siswa dalam melakukan kerja ilmiah. Hasilnya, terdapat bukti bahwa peserta lomba memiliki kompetensi KPS pada tiga keterampilan dasar yang diamati ditunjukan dalam bentuk produk karya ilmiah dan presentasi.

Downloads

Published

2022-08-24

Issue

Section

Articles