DAMPAK MODEL PEMBELAJARAN STEAM-2C TERINTEGRASI PjBL DALAM PEMBELAJARAN IPA
Keywords:
Pembelajaran IPA, PjBL, STEAM, TPACKAbstract
Model Project Based Learning (PjBL) berorientasi pada pembelajaran dengan output menghasilkan suatu produk, dan STEAM-2C (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics, Culture, Communication) embedded dengan model PjBL. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak model pembelajaran STEAM-2C terintegrasi model PjBL dalam pembelajaran IPA. Metode penelitian ini berupa kualitatif yang datanya diperoleh dari 30 pertanyaan terbuka dan wawancara terhadap mahasiswa. Penelitian ini menggunakan instrumen yang valid melalui penilaian validitas isi oleh tiga validator dalam Forum Group Discussion (FGD), dan pengukuran tiga rater melalui rumus Gregory dengan perolehan KV = 1; instrumen juga dinyatakan reliabel dengan persetujuan validator melalui rumus Cohen Kappa (K) dan uji coba pada siswa. Ditemukan bahwa model STEAM-2C terintegrasi PjBL dinilai sangat baik dari unsur minat, kegunaan, kelayakan, kebaruan, keunikan. Simpulan, dampak model
pembelajaran STEAM-2C ini mengarah pada motivasi belajar, literasi sains, Higher Order Thinking skills (HOTs), dan TPACK mahasiswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai acuan penelitian selanjutnya.