Tren Riset Sains di Tingkat Sekolah Dasar berbasis Database Scopus (2018-2022) dan Implikasinya pada Penguatan Literasi Sains bagi Siswa SD

Authors

  • Intan Andhika Fitri Universitas Negeri Semarang
  • Sri Susilogati Sumarti Universitas Negeri Semarang
  • Sungkowo Edy Mulyono Universitas Negeri Semarang
  • Sudarmin Sudarmin Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Ilmu pengetahuan alam, literasi sains, sekolah dasar

Abstract

Penelitian tentang sains di tingkat sekolah dasar secara nasional sudah banyak dilakukan, namun penelitian yang terpublish secara internasional dan terindeks scopus membahas secara khusus tentang sains di tingkat sekolah dasar masih sangat minim. Tujuan penulisan riset ini sebagai bahan untuk mengetahui tren penelitian sains di tingkat sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode analisis bibliometrik yang menggunakan sumber dari scopus dengan atasan publikasi dari tahun 2018 hingga 2022 pada aplikasi Publish or Perish (PoP), serta memanfaatkan aplikasi Vosviewer sebagai alat visualisasi. Analisis data melalui PoP pada riset ini berdasarkan hasil penelurusan dengan kata kunci natural science yang ditulis pada kolom title words dan elementary school sebagai kata kunci. Ditemukan 46 publikasi dalam scopus selama 2018-2022 yang membahas tentang sains di sekolah dasar. Artikel publikasi tentang ilmu pengetahuan alam di sekolah dasar selama 2018-2022 lebih banyak diteliti pada tahun 2019 berdasarkan hasil analisis data melalui Publish or Perish. Hasil riset analisis bibliometrik menuunjukkan bahwa tren penelitian sains di tingkat sekolah dasar dalam kurun waktu lima tahun (2018-2022) lebih banyak membahas tentang proses pembelajaran secara umum dan pengembangan penelitian tentang sains di sekolah dasar yang secara spesifik membahas tentang implikasi pada penguatan literasi sains berbasis ilmu pengetahuan alam bagi siswa belum banyak diteliti.

Downloads

Published

2022-08-24

Issue

Section

Articles