SCIENCE E-BOOK: APLIKASI MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS HOLOGRAM DAN TEXT TO SPEECH GUNA MENDUKUNG PEMBELAJARAN IPA

Authors

  • Desy Fitria Astutianingtyas
  • Arif Widiyatmoko Universitas Negeri Semarang
  • Stephani Diah Pamelasari Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Era Society 5.0, Sistem Pada Tubuh Manusia, Science E-Book, 3D hologram, Text to speech

Abstract

Kemajuan era Society 5.0 bertujuan untuk menciptakan masyarakat yang mampu memecahkan segala jenis tantangan dan masalah sosial melalui pemanfaatan inovasi yang dikembangkan selama revolusi industri 4.0, seperti Internet of Things (internet for everything), kecerdasan buatan (AI), Big Data (massive jumlah data), dan robot. Oleh karena itu artikel ini bertujuan unutuk mengimplementasi teknologi dalam pembelajaran yang saat ini sangat diperlukan untuk dapat berkompetisi dengan sistem pendidikan di dunia. Metode yang digunakan pada artikel ini adalah metode deskriptif. Langkah-langkah metode deskriptif diantaranya; merumuskan masalah, menentukan jenis data penelitian, serta menentukan prosedur pengumpulan dan pengolahan data. Science E-Book menyajikan materi mengenai sistem pada tubuh manusia yang terdiri dari sistem penapasan, pencernaan, ekskresi, dan gerak dengan fitur narasi materi, gambar 3D hologram dan text to speech. Aplikasi ini dapat diakses pada smart phone sehingga penggunaannya fleksible terhadap waktu dan tempat. Gambar 3D hologram pada Aplikasi Science E-Book dapat digerakan dengan touch screen seperti, objek mengarah ke samping, bawah atau ke atas. Tujuannya, agar siswa memiliki imajinasi mengenai gambar yang ditampilkan. Visual 3D hologram disajikan sebagai pengantar pada narasi materi, hal ini untuk mencegah kebosanan siswa dalam belajar. Selain itu Science E-Book juga tersedia fitur text to speech, dimana siswa dapat menanyakan pertanyaan seputar materi sistem pada tubuh manusia dengan berbicara langsung. Dengan adanya Science E-Book ini dapat menjadi media pembelajaran IPA yang memanfaatkan kemajuan teknologi.

Downloads

Published

2022-08-24

Issue

Section

Articles