Pengembangan E-LKPD Berpendekatan STEM Menggunakan Google Form dan Linktree untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP

Authors

  • Arih Ai’syah Universitas Negeri Semarang
  • Ummi Zakia Salma Universitas Negeri Semarang
  • Novi Ratna Dewi Universitas Negeri Semarang

Keywords:

E-LKPD, Google Form, Kemampuan Berpikir Kritis, Linktree, STM

Abstract

Kemampuan berpikir kritis pada siswa penting dalam pembelajaran, namun kemampuan berpikir kritis siswa SMP di Indonesia masih tergolong rendah. Hal ini juga berlaku untuk siswa SMP Muhammadiyah Keling, dilihat dari kemampuan siswa dalam menjawab soal dengan level kognitif tinggi. Pemberlakuan pembelajaran daring menuntut pemanfaatan teknologi dengan memperhatikan keterbatasan gawai atau perangkat yang digunakan siswa. Penelitian pengembangan Elektronic Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) berpendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) ini bertujuan untuk menganalisis validitas E-LKPD dan mendeskripsikan karakteristik E-LKPD berpendekatan STEM menggunakan google form dan linktree untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Desain penelitian pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Four-D (4-D) yang dilakukan sampai tahap develop. Validasi E-LKPD oleh validator ahli mendapatkan nilai Aiken’s V rata-rata 0,92 dengan kriteria valid. Validasi E-LKPD mendapatkan nilai 0,90 pada aspek desain pembelajaran, 0,95 pada aspek rekayasa perangkat lunak dan 0,92 pada aspek komunikasi visual. Hasil angket karakteristik menunjukkan E-LKPD memenuhi kriteria sangat baik untuk empat karakteristik dengan capaian 86,67% untuk berpendekatan STEM, 84% untuk melatih kemampuan berpikir kritis, 81,67% untuk menarik, dan 87,5% untuk mudah digunakan. Hasil penelitian menunjukkan E-LKPD yang dikembangkan valid dan mempunyai karakteristik berpendekatan STEM, melatih kemampuan berpikir kritis, menarik, dan mudah digunakan.

Downloads

Published

2022-08-24

Issue

Section

Articles