MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP MAHASISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING

Authors

  • Tutut Nurita Universitas Negeri Surabaya
  • An Nuril Maulida Fauziah Universitas Negeri Surabaya
  • Dyah Astriani Universitas Negeri Surabaya
  • Erman Universitas Negeri Surabaya
  • Enny Susiyawati Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

penguasaan konsep, inkuiri terbimbing, ermodinamika

Abstract

Kegiatan pembelajaran dengan menggunakan inkuiri memfasilitasi mahasiswa aktif dalam menganalisis dan menemukan informasi secara teratur seperti pada inkuiri terbimbing. Hal ini dapat membantu mahasiswa dalam menguasai konsep-konsep yang berguna dalam memecahkan suatu masalah, terutama pada indikator analisis dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan metode pretest dan posttest sebanyak 40 mahasiswa. Hasil penelitian dianalisis menggunakan rubrik Bartels dan metode Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan jumlah mahasiswa yang menguasai konsep analisis dan evaluasi sehingga inkuiri terbimbing efektif membantu mahasiswa menguasai konsep termodinamika.

Downloads

Published

2022-08-24

Issue

Section

Articles