Pentingnya Mengoptimalkan Literasi Kimia Melalui Pembelajaran Berbasis Isu-isu Sosiosaintifik di Abad Ke-21

Authors

  • Citra Ayu Dewi Universitas Negeri Malang
  • Sri Rahayu Universitas Negeri Malang
  • Muntolib Universitas Negeri Malang
  • Parlan Universitas Negeri Malang

Keywords:

Chemistry literacy, Socio-Scientific Issues-Based Learning, 21st Century Learning

Abstract

Literasi kimia, sangat diperlukan untuk diajarkan kepada siswa agar mereka dapat hidup di tengah-tengah masyarakat modern abad 21. Berbagai upaya telah dilakukan di berbagai negara termasuk Indonesia untuk meningkatkan literasi kimia siswa, misalnya upaya diluncurkannya kurikulum baru 2013. Studi ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana cara menilai
literasi kimia dan mendesain pembelajaran kimia yang berorientasi pada peningkatan literasi kimia siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi literature. Hasil studi menunjukkan bahwa cara menilai literasi kimia dapat menggunakan kerangka literasi sains PISA dan literasi kimia Shwartz. Sedangkan pembelajaran kimia dapat didesain
dengan mengoptimalkan aspek-aspek dalam literasi kimia melalui pembelajaran berbasis isu-isu sosiosaintifik yaitu memilih topik kimia yang memiliki banyak relevansinya bagi kehidupan siswa dan mencakup pengetahuan deklaratif, prosedural serta epistemik; menentukan konteks yang relevan, kontemporer atau isu-isu sosiosaintifik; menentukan nilai-nilai afektif dan cara
belajar siswa yang dapat dikembangkan dalam pembelajaran berorientasi literasi kimia. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis isu-isu sosiosaintifik dapat mengoptimalkan aspek literasi dalam pembelajaran kimia.

Downloads

Published

2022-08-24

Issue

Section

Articles