Fitoremediasi Air Limbah Rumah Tangga dengan Pemanfaatan Tanaman Lidah Mertua (Sansevieria) dan Sirih Gading (Epipremnum aureum)

Authors

  • Mellyana Putri Ayu Universitas Negeri Semarang
  • Syamsul Azhar Qowwam Ma’ruf Universitas Negeri Semarang
  • Trida Ridho Fariz Universitas Negeri Semarang
  • Andhina Putri Heriyanti Universitas Negeri Semarang

Keywords:

itoremediasi, lidah mertua, limbah domestik, sirih gading

Abstract

Air adalah kebutuhan bagi seluruh makhluk hidup. Tanpa air makhluk hidup tidak bisa hidup walaupun persediaan makanan masih utuh. Air tidak akan habis karena mengalami siklus hidrologi, namun persediaan air bersih semakin lama akan semakin menipis karena banyak terjadinya pencemaran baik pencemaran air, tanah, maupun udara. Menanggapi permasalahan tersebut tentunya hal ini tidak bisa dibiarkan begitu saja. Air yang tercemar menyebabkan wabah dan penyakit bagi manusia maupun makhluk hidup yang lainnya. Limbah rumah tangga adalah salah satu pencemar yang cukup berbahaya namun sering diabaikan. Adanya limbah rumah tangga yang bercampur dengan air dapat meracuni biota sungai serta mencemari perairan laut, tidak hanya itu limbah rumah tangga atau biasa disebut limbah domestik juga berbahaya bagi manusia karena menyebabkan penyakit berupa tifus, diare dan penyakit berbahaya lainnya. Saat ini salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan tanaman sebagai solusi untuk membersihkan air yang tercemar (fitoremediasi). Karena beberapa tanaman memiliki
kemampuan untuk menetralisir air yang tercemar. Beberapa tanaman yang akan digunakan dalam penelitian ini diantaranya sirih gading (E. aureum) dan lidah mertua (Sansevieria), yang banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Dan tanaman tersebut akan dibahas pada artikel ini.

Downloads

Published

2022-08-24

Issue

Section

Articles