PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Authors

  • Indah Setyaningrum Universitas Negeri Semarang
  • Arbaa Insani Nuraini SMPN 9 Kota Semarang
  • Erna Noor Savitri Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Motivasi belajar, Pembelajaran Berdiferensiasi, Problem Based Learning

Abstract

Pada abad ke-21, pembelajaran berfokus pada pemaksimalan potensi siswa dalam menghadapi tantangan global saat ini. Untuk itu, diperlukan strategi pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan, salah satunya adalah pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan model Problem Based Learning. Tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar IPA siswa setelah diterapkannya pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII dengan jumlah keseluruhan 31 siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah motivasi belajar IPA siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran PBL. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk mengumpulkan data motivasi belajar IPA siswa adalah metode kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian dibuktikan dengan adanya peningkatan motivasi belajar dari hasil analisis angket pada siklus I menunjukkan 73.07% siklus II menunjukkan 79.26%, dan siklus III menunjukkan nilai 80.13%. Dengan demikian, hasil tersebut menunjukkan bahwa dengan penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan model PBL dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII I SMP N 9 Semarang pada materi tata surya.

Downloads

Published

2023-07-25

Issue

Section

Articles