Penggunaan E-Modul Berbasis Etnosains Materi Zat dan Perubahannya dalam Usaha Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP

Authors

  • Suci Indah Wulandari Universitas Negeri Semarang
  • Stephani Diah Pamelasari Universitas Negeri Semarang
  • Risa Dwita Hardianti Universitas Negeri Semarang

Keywords:

e-modul, etnosains, Kemampuan Berpikir Kritis

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) sebagai materi yang konseptual umumnya mengacu kepada fakta, teori, konsep serta prinsip yang harus dipelajari dan diajarkan. Dalam proses pembelajaran IPA diperlukan proses penalaran yang kompleks dikarenakan IPA melibatkan permasalahan yang kompleks dan kontekstual. Pembelajaran IPA akan melatih siswa untuk memiliki rasa ingin tahu serta peduli dengan lingkungan sekitar. Melalui berpikir kritis akan membantu siswa dalam belajar dan bermanfaat bagi lingkungan sekitar. Kemampuan berpikir kritis akan membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan ketika merumuskan solusi yang kreatif untuk masalah-masalah yang ada. Pokok bahasan zat dan perubahannya sebagai salah satu materi yang terdapat dalam pembelajaran IPA SMP memerlukan kemampuan berpikir kritis untuk dapat mengevaluasi kebenaran, keandalan, dan relevansi informasi yang ditemukan. Dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, sumber belajar menjadi hal yang sangat penting. E-modul berbasis etnosains dapat mendukung proses belajar secara mandiri sehingga akan membimbing siswa melakukan penelitian secara mandiri terkait masalah berupa kebudayaan sekitar siswa sehingga mampu dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Downloads

Published

2023-07-25

Issue

Section

Articles