Pengembangan Kualitas Pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Bagi Guru SMK dan SMA Jawa Tengah

  • Khasan Setiaji
  • Kemal Budi Mulyono
  • Muhammad Feriady
Keywords: Membangun, Mengajarkan, Prakarya Kewirausahaan, Sekolah

Abstract

Kurikulum 2013 memunculkan mata pelajaran baru di tingkat SMK dan SMA yang dikenal dengan Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan. Guru mengampu Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan memiliki kendala dalam implemetasinya, terlebih jika berlatar belakang pendidikan guru diluar prakarya dan kewirausahaan. Pembelajaran prakarya di SMK dan SMA memiliki karakteristik yang berbeda dengan mata pelajaran lainnya. Hal ini memicu capaian pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan belum optimal. Hal ini terjadi diberbagai wilayah termasuk SMA/ SMK di wilayah Jawa Tengah. Dengan kegiatan Pengabdian pada Masyarakat ini diharapkan guru menguasai keterampilan bagaimana membangun bisnis yang sesuai dengan siswa SMA dan SMK ataupun sekolah, serta  mampu mengimplementasikan pembelajaran prakarya dan kewirausahaan. Kegiatan telah dilaksanakan pada tanggal 4 September 2018 berlokasi di Fakultas Ekonomi UNNES dengan guru Prakarya dan Kewirausahaan SMA/ SMK di wilayah Jawa Tengah yang berasal dari16 sekolah yang berjumlah 19 guru dan 45 siswa dari 16 sekolah tersebut. Dari kegiatan ini guru telah menguasai keterampilan bagaimana membangun bisnis dan mampu mengimplementasikan pembelajaran prakarya dan kewirausahaan terlihat dari hasil evaluasi berupa rencana bisnis dan desain pembelajaran.

Published
2018-12-06