PENINGKATAN NILAI TAMBAH KERAJINAN ANYAMAN DENGAN TEHNIK DECOUPAGE PADA IBU – IBU KELOMPOK PENGAJIAN SALIMAH KELURAHAN GAJAH MUNGKUR SEMARANG

  • Ika Indriasari
  • Hawik Ervina I
  • Sutrisno Sutrisno
Keywords: Kerajinan Anyaman, Decoupage

Abstract

Kerajinan decoupage adalah seni menghias dengan metode potong dan tempel yang saat ini sedang diminati oleh masyarakat. Hasil kerajinan decoupage yang indah, membuat barang-barang yang semula biasa saja menjadi lebih menarik dan bisa memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Dengan seni decoupage ini, barang yang semula adalah limbah rumah tangga juga bisa ditingkatkan nilainya menjadi barang yang berseni.

Pelatihan ini bertujuan untuk memberdayakan sumber daya wanita pada kelompok pengajian salimah kelurah gajahmungkur, semarang. Pelatihan telah diikuti oleh 20 orang sebagai peserta aktif yang merupakan ibu rumah tangga dan remaja puteri. Peserta mampu berkreasi dan memiliki daya inovasi yang tinggi. Luaran dari program ini, ibu – ibu dan remaja putri memiliki keterampilan membuat kerajinan decoupage dari kerajinan anyaman, memiliki kemampuan membuat akun facebook, instagram, email, sebagai bekal dasar membuat e-marketing dari produk yang dibuatnya serta memperoleh kemampuan mengelola keuangan baik.

Published
2018-12-06