Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Imun yang Menerapkan Pendekatan Guided Discovery Bernuansa Konservasi Budaya

  • Ferdiana Ristika Dewi
  • Wiwi Isnaeni
  • Partaya Partaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan Guided Discovery bernuansa konservasi budaya pada materi sistem imun. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental dengan nonequivalent control group design. Sampel penelitian adalah siswa MAN 1 Magelang kelas XI IIS 8 sebagai kelas eksperimen dan XI IIS 7 sebagai kelas kontrol. Sampel ditentukan dengan metode purposive sampling. Data pada penelitian ini adalah hasil belajar siswa ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotorik, serta didukung data tanggapan siswa dan tanggapan guru. Data hasil belajar siswa ranah kognitif dianalisis menggunakan uji peningkatan hasil belajar dan uji perbedaan dua rata-rata. Data hasil belajar siswa ranah afektif dan psikomotorik dianalisis dengan uji perbedaan dua rata-rata. Hasil tanggapan siswa dan guru dianalisis secara deskriptif. Peningkatan hasil belajar ranah kognitif pada siswa dianalisis dengan uji N-gain. Pada kelas eksperimen peningkatan hasil belajar siswa dengan kategori tinggi sebesar 44%, sedangkan pada kelas kontrol hasil belajar siswa dengan kategori tinggi hanya sebesar 11%. Hasil uji perbedaan dua rata-rata dengan uji non parametrik Mann Whitney menunjukkan adanya beda signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam hal hasil belajar ranah kognitif dan ranah afektif. Sedangkan hasil belajar ranah psikomotorik pada siswa tidak menunjukkan adanya beda signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Siswa dan guru memberikan tanggapan positif pada pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pendekatan Guided Discovery berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa.

Published
2018-12-06