PELATIHAN INOVASI PEMBELAJARAN MILLENIAL (IPM) BERSUMBER DARI MEDIA YOUTUBE PERANCIS UNTUK GURU BAHASA PERANCIS DI WILAYAH SURAKARTA DAN SEKITARNYA GUNA MENAMBAH MINAT BELAJAR SISWA DALAM BAHASA PERANCIS

  • Anastasia Pudjitriherwanti
  • Sri Rejeki Urip
Keywords: Inovasi Pendidikan, Millenial, Youtube, Guru Bahasa Perancis

Abstract

Sejalan dengan derasnya tantangan global upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, masing-masing negara mempunyai skala pengukuran kualitas sumber daya manusia sendiri-sendiri. Namun, secara global suatu negara tetap akan berpacu pada tolak ukur internasional yaitu Indeks Pembangunan Manusia (IPM)/ Human Development Index (HDI). Indeks Pembangunan Manusia (IPM) / Human Development Index (HDI) adalah pengukuran perbandingan dari harapan hidup, melek huruf, pendidikan dan standar hidup untuk semua negara seluruh dunia. Dari beberapa pengukuran IPM, pendidikan masuk dalam kategori tersebut. Standard pendidikan yang menurun di Indonesia disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu sarana pembelajaran, kurangnya inovasi dari guru dan rendahnya minat belajar para siswa. Ketiga faktor tersebut juga ditemukan dalam pembelajaran bahasa khususnya bahasa Prancis. Setelah melaksanakan pelatihan media YouTube prancis kepada guru bahasa prancis di wilayah Surakarta dan sekitarnya, para guru dapat membuat inovasi baru dalam hal pembelajaran bahasa prancis melalui media YouTube. Dalam hal ini, pengabdi dapat menyimpulkan bahwa hasil pengabdian ini mampu memberikan kontribusi nyata pada para pembelajar millennial khususnya kelas bahasa Prancis. Abstrak dituliskan di sini.

Published
2018-12-06