Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Bagi Kelompok Koperasi UMKM Makanan Kecil Kota Semarang Adopsi SAK EMKM

  • Windasari Rachmawati
  • Abdul Manan
  • Rahmatya Widyaswati
  • Abdul Karim
Keywords: pengrajin, metode pembukuan SAK EMKM, laporan keuangan, pendapatan

Abstract

Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengimplementasikan manajemen keuangan pembukuan melalui para kelompok pengolah makanan kecil yang tergabung dalam koperasi UMKM secara tepat dan berdaya saing, dengan terlebih dahulu mengidentifikasi, menilai faktor-faktor internal perusahaan dan faktor-faktor eksternal lingkungan yang mempengaruhipadapengolah makanan kecil yang ada di kota Semarang – Jawa Tengah. Pengabdian ini dilakukan dengan metode pelatihan, dan pendampingan pembuatan laporan keuangan, metode pada para umkm pengolah makanan kecil di kota Semarang – Jawa Tengah yang tergabung dalam satu kelompok usaha makanan tradisonal yang tergabung dalam koperasi yang resmi didirikan mei 2016. Pengabdian ini dilaksanakan pada 14 November 2017.

Dari total 23 anggota koperasi UMKM pengolah makanan kecil di kota semarang dapat menghasilkan kapasitas produksi per hari 50 – 115 stok sesuai jenis makanan olahannya. Segala strategi untuk mencapai hasil penjualan yang tinggi harus ditempuh oleh para pengolah makanan kecil, demi memenangkan daya saing. Selain itu pemasukan dan pengeluaran yang tidak seimbang selalu menjadi permasalahan utamanya. Oleh karena itu pengabdian masyarakat ini bertujuan mengarahkan dan membimbing para pengrajin kelompok usaha makanan tradisional dikota Semarang jawa tengah dalam mengelola pembukuan keuangan.

Sehingga harapannya dengan adanya laporan pembukuan keuangan yang lebih baik lagi, pendapatan pengrajin makanan tradisional di Semarang lebih baik lagi.

Published
2018-12-06