PENINGKATAN KESEHATAN LANSIA MELALUI SISTEM INFORMASI AGEING MONITORING MEDICAL RECORD

  • Sonny Pamuji Laksono
  • Irfan Syarif
  • Qomariyah MS
Keywords: Ageing monitoring lansia, Medical record, Posbindu lansia

Abstract

Setiap lansia adalah unik, oleh karena itu penanganannya harus memberikan pendekatan yang berbeda antara satu lansia dengan lansia lainnya. Provinsi Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta termasuk lima besar terbanyak di dunia berdasarkan jumlah lansianya. Sesuai sensus penduduk tahun 2010 lansia berjumlah 18,1 juta jiwa (9,6% dair totalpenduduk),  pada tahun 2030 diperkirakan akan mencapai 36 juta. (Kemenkes RI, 2013). Berdasarkan data statistik Provinsi Daerah DKI pada tahun 2014, penduduk yang berusia lebih dari 65 thn terjadi peningkatan dari 289.096 jiwa  pada tahun 2010 menjadi 354.689 jiwa pada tahun 2014. Prosentase penduduk DKI Jakarta tahun 2014 yang tidak produktif (aging people) terus meningkat. Kondisi ini menandakan semakin besar beban yang harus ditanggung oleh penduduk produktif, termasuk semakin besar biaya kesehatan yang harus dianggarkan.

Selama ini pendataan pada posbindu dilakukan secara manual. Dengan dikembangkannya System Informasi Ageing Medical Record sebagai pemantau status kesehatan lansia berbasis Posbindu Lansia, maka Posbindu dapat memberikan informasi capaian skrining terhadap status kesehatan komunitas para lansia di posbindu kepada puskesmas dan suku dinas kesehatan. Setelah selesai kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini ,diharapkan dengan adanya pengembangan sistem  informasi tersebut dapat menghasilkan data status kesehatan masing masing individu lansia dilevel Posbindu Lansia sehingga program skrining terhadap PTM Lansia dapat tercapai 100% untuk wilayah Kelurahan Sumur batu dan Kelurahan Cempaka baru serta meningkatkan upaya Preventif terhadap factor resiko terjadinya PTM pada lansia. Sehingga pada akhirnya terjadi peningkatan taraf kesehatan para lansia di Kecamatan Kemayoran.

Aplikasi ageing monitoring medical record mencatat data pasien lansia berbasis web. Selama ini pendataan pada posbindu dilakukan secara manual maka dengan proses tersebut data pasien tidak tersimpan dengan baik, dan biaya kesehatan semakin besar yang harus dianggarkan. Metodologi pelaksanaan pengabdian ini dengan cara pendampingan, intervesi dan observasi. Hasil yang diperoleh oleh posbindu dengan adanya aplikasi ageing monitoring medical record kesehatan lansia mengalami peningkatan sebesar 30%.

Published
2018-12-06