Pelatihan Bagi Tutor Pos PAUD Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Kecakapan Hidup Berbasis Empat Pilar Pendidikan Di Kelurahan Ngijo Kecamatan Gunungpati

  • Tri Suminar
  • Utsman Utsman
  • Abdul Malik

Abstract

Tujuan program pengabdian kepada masyarakat ini adalah meningkatkan kualitas layanan pembelajaran untuk capaian hasil belajar pendidikan kecakapan hidup pada Pos PAUD Anak Kreatif di Kelurahan Ngijo. Metode untuk mencapai tujuan tersebut adalah menyelenggarakan program pelatihan bagi tutor atau kader Pos PAUD dalam mengelola pembelajaran. Selama ini pelaksanaan tugas tutor mengalami kesulitan membelajarkan anak usia dini mencapai hasil belajar kecakapan hidup, padahal kemampuan hasil belajar ini sangat penting dalam proses tumbuh kembang anak usia dini agar mereka terampil mengatasi permasalahan sehari-hari yang dihadapinya di lingkungan dimanapun berada. Kesulitan ini tidak lepas dari masalah rendahnya kompetensi pedagogik  dari tutor. Kharakteristik perkembangan anak usia dini pada kategori pra-operasional, sehingga membutuhkan model pembelajaran dengan sintaks yang sederhana dan praktis agar anak mudah menerapkannya dalam sehari hari. Langkah pertama dalam pelaksanaan pelatihan pembelajaran bagi tutor ini adalah sosialisasi dan koordinasi dengan pengelola Pos PAUD. Kedua, menyiapkan kurikulum pelatihan, bahan pelatihan, instrumen evaluasi pembelajaran dan fasilitas pembelajaran. Ketiga, pelaksanaan pelatihan dengan menggunakan kaji tindak berlokasi di Pos PAUD Anak Kreatif kelurahan Ngijo. Keempat, evaluasi program pelatihan dan keefektifan pelatihan terhadap kemampuan tutor Pos PAUD dalam mengelola pembelajaran pendidikan kecakapan hidup. Hasil pengabdian adalah tutor Pos PAUD dapat merancang, menerapkan dan mengevaluasi pembelajaran pendidikan kecakapan hidup berbasis empat pilar pendidikan (learning to know, to do, to be to live together) yang terintegrasi dalam pendekatan BCCT (Beyond Center and Circle Time). Pembelajaran ini dapat memotivasi anak  mencapai perkembangan anak usia dini aspek kognitif (menggali dan mengolah informasi pengetahuan sebagai proses menalar), aspek bahasa (tanya jawab menyampaikan pengetahuannya, dan bercerita pengalamannya), aspek seni (menyanyi, menggambar, mewarnai) dan fisik motorik anak melalui aktivitas belajar sambil bermain di dalam dan luar kelas (membentuk lingkaran besar dan kecil, menirukan gerakan hewan).

Published
2018-12-06