UPAYA PENGEMBANGAN KECAKAPAN ABAD 21 MELALUI PELATIHAN PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN KOLABORATIF BAGI PARA GURU SMPN 42 SEMARANG

  • Sri Wahyuni
  • Dwi Rukmini
  • Sri Wuli Fitriati
Keywords: Kecakapan abad 21, penerapan, teknik pembelajaran, kolaboratif

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan khayalak sasaran para guru SMPN 42 Semarang bertujuan untuk memecahkan salah satu permasalahan yang dihadapi mitra dalam rangka peningkatan profesionalisme guru yaitu kompetensi pedagogi. Upaya tersebut dilakukan dalam rangka pengembangan kecakapan abad 21. Sekolah dan pendidik berkewajiban membekali peserta didik dengan kecakapan abad 21 agar ketika mereka terjun ke masyarakat kelak mampu bersaing di dunia global. Salah satu kecakapan abad 21 adalah berkolaborasi (collaboration). Pengembangan kecakapan berkolaborasi sangat penting menjadi fokus pada kegiatan pengabdian ini karena dengan berkolaborasi peserta didik akan sekaligus dapat mengembangkan ketrampilan abad 21 lainnya yaitu berfikir kritis (critical thinking), kreatif (creativity), dan berkomunikasi (communication). Pemecahan masalah dilakukan dalam tiga tahap yaitu  1) Pengenalan konsep teknik pembelajaran kolaboratif, 2) Simulasi dan demonstrasi teknik pembelajaran kolaboratif, dan 3) Praktek penyusunan scenario pembelajaran dengan mengintegrasikan teknik pembelajaran kolaboratif. Materi pelatihan diadaptasi dari buku “Collaborative Learning Techniques” oleh Barkley, Cross, & Major (2005). Output kegiatan berupa scenario pembelajaran yang mengintegrasikan penggunaan teknik pembelajaran kolaboratif. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan oleh tim pengabdi, produk kegiatan berupa scenario pembelajaran sudah baik.

Published
2018-12-06