PELATIHAN PENDAMPINGAN PSIKOLOGIS ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS GUNA MENINGKATKAN PEMAHAMAN PENGELOLAAN KELAS INKLUSI BAGI GURU PAUD

  • Sri Widyawati
  • Martha Kurnia Asih
Keywords: anak berkebutuhan khusus, pendidikan inklusi, guru PAUD

Abstract

Penyelenggaraan sekolah inklusi tidak sesederhana ucapan “penggabungan”, melainkan  perlu menyediakan sistem layanan pendidikan yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik, baik bagi peserta didik normal maupun bagi peserta didik ABK. Salah satu permasalahan yang muncul berkaitan dengan pelaksanaan pendidikan inklusi adalah terbatasnya pengetahuan dan ketrampilan yang dimiliki oleh para guru tentang anak berkebutuhan khusus (ABK). Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada guru mengenai seluk beluk ABK serta Pendidikan Inklusi, sehingga diharapkan dapat meningkatkan pemahaman guru dalam mengelola kelas inklusi secara lebih tepat. Metode yang digunakan adalah ceramah, Focus Group Discussion, dan simulasi teknik pendampingan psikologis. Pelatihan diikuti 23 guru yang tergabung dalam Gugus PAUD BANGAU Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. Keberhasilan pelatihan diidentifikasi melalui pengukuran terhadap pemahaman peserta pada pre-test dan post-test pelatihan. Uji komparasi menghasilkan nilai t=-11,170 dengan signifikansi 0,000 yang berarti ada perbedaan pemahaman yang sangat signifikan pada peserta, sebelum dan sesudah pelatihan. Nilai mean post-test lebih tinggi dibandingkan dengan mean pre-test. Dengan demikian, pelatihan ini telah mampu meningkatkan pemahaman peserta mengenai pengelolaan kelas inklusi.

Published
2018-12-06