PEMANTAPAN PENGGUNAAN CLASSROOM LANGUAGE UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI BAHASA INGGRIS GURU-GURU DI SMA ISLAM HIDAYATULLAH SEMARANG

  • Sri Wuli Fitriati
  • Sri Wahyuni
Keywords: English classroom language, guru non-bahasa Inggris, penggunaan bahasa, kompetensi komunikatif

Abstract

Bahasa Inggris adalah bahasa international pertama pada era globalisasi ini. Guru sebagai sumber daya utama dalam bidang pendidikan memiliki peran penting dalam memberikan role model kepada siswa di sekolah, terutama berkomunikasi dengan Bahasa Inggris. Berbahasa Inggris lisan tampaknya tidaklah mudah bagi sebagian besar guru di SMA Islam Hidayatullah, Semarang, khususnya bagi guru-guru yang mengajar pelajaran non-bahasa Inggris. Kemampuan guru berkomunikasi dalam bahasa Inggris di kelas (yang disebut: classroom language) dapat memberikan dampak yang positif bagi siswa, yaitu memberikan direct exposure bagaimana berbahasa Inggris yang tepat sesuai dengan konteks penggunaannya. Oleh karena itu, sangat penting diadakan pelatihan penggunaan Bahasa Inggris sebagai bentuk academic recharging bagi para guru. Pengenalan English Classroom Language yang dilaksanakan di SMA Islam Hidayatullah, Banyumanik, Semarang adalah kegiatan yang ditujukan untuk guru-guru non-bahasa Inggris untuk meningkatkan kepercayaan diri dan meningkatkan kemampuan berbahasa asing ini. Pelatihan dilaksanakan dengan metode yang meliputi class discussion, modelling, dan microteaching. Pada akhir kegiatan, peserta tampak lebih percaya diri dalam menggunakan bahasa Inggris dan dapat menggunakan ungkapan-ungkapan bahasa Inggris sederhana sesuai fungsi dan konteksnya.

Published
2018-12-06