PELATIHAN PEMBELAJARAN SASTRA ANAK BERBASIS AKTIVITAS BAGI GURU SD DI KABUPATEN DEMAK DENGAN METODE PEERTEACHING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU

  • Nas Haryati Setyaningsih
  • Agus Nuryatin
Keywords: pembelajaran berbasis aktivitas, sastra anak, peerteaching

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilatarbelakangi oleh adanya kenyataan bahwa permasalahan yang dihadapi guru bahasa Indonesia SD di Kabupaten Demak dalam mengajarkan sastra adalah kurangnya pengetahuan dan kemampuan guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sastra yang kreatif dan inovatif. Para guru SD di Kabupaten Demak belum mempunyai pengetahuan dan keterampilan yang memadai tentang model-model pembelajaran sastra yang inovatif. Bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pendidikan kepada masyarakat yang berupa pelatihan pembelajaran sastra anak berbasis aktivitas bagi guru SD di Kabupaten Tegal. Metode yang digunakan yaitu metode penyuluhan (ceramah, diskusi, tanya jawab) untuk memberikan pengetahuan tentang konsep pembelajaran sastra anak berbasisi aktivitas dan metode langsung untuk memberikan keterampilan dalam menyusun perangkat pembelajaran sastra dan menyimulasikan pembelajaran sastra anak berbasis aktivitas dalam bentuk peerteaching. Evaluasi dengan model pendampingan dilaksanakan pada tahap pemberian materi, penyusunan perangkat pembelajaran, sampai praktik simulasi pembelajaran. Berdasarkan hasil  evaluasi disimpulkan bahwa kegiatan workshop memberikan dampak positif bagi peserta yang ditandai oleh keantusiasan dan keaktifan peserta, dihasilkannya rancangan pembelajaran sesuai dengan model yang dilatihkan, dan terlaksananya kegiatan peerteaching.

Published
2018-12-06