PELATIHAN “EXCELENT SERVICE” BAGI PEDAGANG GUNA PENINGKATAN DAYA SAING WISATA DI TAMAN MARGASATWA SEMARANG

  • Subowo Subowo
  • T. Suryarini
  • Badingatus Solikhah
Keywords: Pedagang Kaki Lima (PKL), Pelayanan Prima, Peningkatan Penjualan, Pariwisata

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu sektor strategis yang memiliki multiplier effect bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui berbagai sisi yaitu ekonomi, perdagangan, industri maupun lingkungan. Destinasi wisata adalah elemen yang penting karena menjadi alasan orang melakukan perjalanan wisata serta daya tarik wisata yang ada di dalamnya akan menarik kunjungan wisatawan. Oleh karena itu mutlak diperlukan koordinasi yang efektif antar asosiasi pelaku pariwisata, pemerintah serta masyarakat. Taman Margasatwa Semarang merupakan salah satu destinasi wisata kebun binatang di kota Semarang. Terdapat sedikitnya 110 Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan berbagai barang dagangan mulai dari makanan hingga cinderamata. Namun demikian, PKL tersebut belum tertata dengan baik dan terkesan semrawut baik dari sisi fisik maupun dalam memberikan pelayanan kepada pembeli. Oleh karena itu program pengabdian ini dimaksudkan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan kepada PKL agar mampu memberikan pelayanan prima kepada pembeli. Sasaran dari program pengabdian ini adalah pedagang di kawasan wisata Taman Margasatwa Semarang. Program pengabdian ini telah dilaksanakan melalui penjelasan materi, pemberian contoh serta evaluasi keberhasilan program. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah dipahaminya konsep pelayanan prima oleh peserta serta akan dibentuknya Perkumpulan/Paguyuban Pedangang di obyek wisata Taman Margasatwa. Sehingga tujuan jangka Panjang dari kegiatan ini adalah peningkatan omset penjualan dan juga peningkatan pengunjung wisata.

Published
2018-12-07