Pelatihan Pengembangan Aplikasi Input Nilai Ulangan Harian Berbasis Android bagi Guru SD Di Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan

  • Kustiono Kustiono Universitas Negeri Semarang
  • Nurussa’adah Nurussa’adah Universitas Negeri Semarang
  • Titi Prihatin Universitas Negeri Semarang
  • Suripto Suripto Universitas Negeri Semarang
  • Dewi Wulansari Universitas Negeri Semarang
Keywords: Pengembangan, Aplikasi Input Nilai, Ulangan Harian, Berbasis Android

Abstract

Permasalahan pengabdian masyarakat yang hendak dipecahkan, yakni: (1) Bagaimanakah mengembangkan aplikasi input nilai ulangan harian berbasis Android untuk guru SD di Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan?, (2) Apakah produk aplikasi input nilai ulangan harian layak digunakan oleh guru di SD? Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini: (1) Mengimbangi dampak teknologi informasi dan komunikasi di bidang pendidikan, yakni dengan mengembangkan aplikasi input nilai ulangan harian berbasis android, (2) Meningkatkan efektivitas dan kualitas proses input nilai ulangan harian, dengan menginovasi proses evaluasi pembelajaran dengan menggunakan aplikasi berbasis android, (3) Memberikan kemudahan dan mengurangi tingkat kesulitan para Guru SD dalam proses input nilai ulangan harian secara manual. Adapun manfaat yang diharapkan dapat dicapai dengan kegiatan pengabdian ini, di antaranya adalah: (1) Meningkatnya efektivitas dan kualitas proses input nilai ulangan harian bagi para guru SD, dengan menginovasi proses evaluasi pembelajaran dengan menggunakan aplikasi berbasis android, (2) Memberikan kemudahan dan mengurangi tingkat kesulitan para Guru SD dalam proses input nilai ulangan harian secara manual.

                                              Metode Pelaksanaan Pengabdian terkait dengan 2 permasalahan di lapangan yang hendak dipecahkan ini, disolusikan alternatif pemecahan masalah secara sistemik strategi pendidikan masyarakat yang dikembangkan dalam program Pendidikan dan Pelatihan Pengembangan Aplikasi Input Nilai Ulangan Harian Berbasis Android, guna pemecahan permasalahan pertama, yang mencakup kegiatan-kegiatan berikut: (1) Pemberian bekal pengetahuan teknis kepada para guru SD di  wilayah UPTD Pendidikan Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, dalam upaya meningkatkan pengetahuan mereka guna pengembangan Aplikasi Input Nilai Ulangan Harian yang lebih efektif, efisien, dan berkualitas, (2) Praktik-praktik latihan yang dilakukan terkait dengan Pengembangan Aplikasi Input Nilai Ulangan Harian Berbasis Android; Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android; dan Teknik-teknik Penempatan, Pemilihan Objek, Warna dan Suara, dan Animasi dengan model ADDIE, yang diawali dengan melakukan permodelan untuk optimalisasi desain oleh tim Pengabdian Masyarakat dari UNNES, guna menunjukkan langkah-langkah kegiatan, mencakup: (1) analisis (analyze), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (development), (4) implementasi (implementation), dan (5) evaluasi (evaluation), baik proses maupun produk. Pemecahan masalah kedua, dengan memberikan pelatihan secara praktis kepada para khalayak sasaran untuk berlatih melakukan: (1) analisis (analyze), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (development), (4) implementasi (implementation), dan (5) evaluasi (evaluation), produk Aplikasi Input Nilai Ulangan Harian berbasis Android; dan kemudian mempresentasikan hasilnya sekaligus mendemonstrasikannya secara berkelompok di depan kelas, yang diakhiri dengan penanggapan-penanggapan dari peserta lainnya. Kegiatan solusif kedua ini dilakukan selama 3,5 jam, sejak Pukul 10.00 – 12.00 WIB dan berlanjut pada Pukul 14.30 – 15.00 WIB. Pembekalan ini dilakukan di hari dan tempat yang sama, yakni di AULA UPTD Pendidikan Godong, Grobogan.    Hasil Kegiatan Pengabdian yang diperoleh, dapat dideskripsikan: (1) Tim Pengabdian yang berasal dari Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan yang berfokus pada pengembangan media dan teknologi pembelajaran serta dibantu oleh Tim Pengabdi dari bidang ilmu yang sama, cukup relevan dan memadai dalam pelaksanaan pelatihan pengembangan aplikasi input nilai ulangan harian terhadap khalayak sasaran sejumlah 31 guru SD di wilayah UPTD Kecamatan Godong, Grobogan,  (2) Metode pemecahan masalah sebagaimana tersebut di atas, yang berupa kegiatan pendidikan dan pelatihan (diklat) untuk para guru SD di  wilayah    UPTD   Pendidikan   Kecamatan   Godong,  Kabupaten   Grobogan, dalam  upaya  meningkatkan  pengetahuan  dan keterampilan mereka terutama dalam pengembangan Aplikasi Input Nilai Ulangan Harian, adalah benar-benar efektif, (3) Penyajian materi pokok mengenai Pengembangan Aplikasi Input Nilai Ulangan Harian Berbasis Android, mencakup: Teknik Penempatan, Pemilihan Objek, Pemilihan Warna dan Suara; dan Teknik Animasi; dan enyajian materi pengantar, mencakup: Evaluasi Pembelajaran di Sekolah Dasar; Evaluasi Pembelajaran: Kajian Teori dan Implementasi di SD; serta penyajian materi tambahan, yakni: Pengembangan Game Edukasi berbasis Andoid, yang dikembangkan dalam bentuk "hand out" sebagai acuan dalam memahami substansi materi pelatihan, adalah benar-benar efektif, efisien dan memadai, (4) Praktik-praktik latihan yang dilakukan terkait dengan Pengembangan Aplikasi Input Nilai Ulangan Harian dan Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android; mencakup: Teknik-teknik Penempatan, Pemilihan Objek, Warna dan Suara, dan Animasi; juga benar-benar efektif, efisien dan memadai; (5) Instruktur sebagai narasumber cukup berperan dan profesional, serta bertanggungjawab dalam memprogram dan melaksanakan program pelatihan ini sesuai materi yang dipercayakan kepadanya, (6) Metode pelatihan pengembangan Aplikasi Input Nilai Ulangan Harian ini, dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation), dengan melalui ke-5 pentahapan tersebut, telah terbukti keefektifannya karena telah melampaui pentahapan  prosedur  yang  sistematik dan

sistemik, (7) Evaluasi pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat berupa pelatihan-pelatihan pengembangan aplikasi input nilai ulangan harian dan pengembangan game edukasi berbasis Android, yang dilaksanakan pada tiga bagian, yaitu: (a) Evaluasi dalam proses pelaksanaan (berbobot 30%), (b) Evaluasi produk, yang dihasilkan khalayak sasaran pengabdian (berbobot 40%), dan (c) Evaluasi kognitif, yang dilakukan untuk memberikan penilaian secara objektif ten­tang tingkat kebermaknaan dari pelatihan dengan perangkat lunak smartphone berbasis Android dalam peningkatan kemampuan profesional guru dalam menginput nilai hasil pembelajaran ulangan harian (berbobot 30%) dari ke­seluruhan pro­gram, sangat memadai sehingga dapat diketahui ting­kat keefektivan suatu program yang dapat digunakan sebagai dasar untuk menentu­kan program-program selanjutnya, (8) Pihak Autorita UPTD Pendidikan Kecamatan Godong, menunjukkan sikap positif dan kondusif  terhadap pelatihan yang Tim Pengabdi  lakukan, (9) Luaran dari  program  pengabdian  masyarakat  ini adalah  selain  peserta memperoleh pengetahuan dan keterampilan teknis penempatan dan pemilihan objek, teknik pemilihan gambar dan suara, dan teknik animasi pada produk pengembangan Aplikasi Input Nilai Ulangan Harian dan juga pengembangan game edukasi, juga tersusunnya flowcahart dan bentuk CD Aplikasi input nilai yang terpublikasikan baik online maupun offline. Berdasarkan Hasil yang diperoleh, dapat disarankan: (1) Waktu pelaksanaan kegiatan pengabdian yang relatif banyak praktik, hanya dilakukan dalam 1 hari, hal ini tentunya perlu adanya perpanjangan waktu, 2 hingga 3 hari sehingga hasil praktek dapat lebih mendalam, (2) Metode pemecahan masalah pengabdian yang dilakukan dalam bentuk kegiatan pelatihan ini telah terbukti efektif, sehingga dirasa perlu untuk dikembangkan lagi pada kelompok-kelompok guru SD lainnya, mungkin di  wilayah Dabin atau UPTD Pendidikan Kecamatan lainnya, (3) Evaluasi pelaksanaan kegiatan input nilai ulangan harian oleh guru SD peserta pelatihan perlu diikuti sampai implementasinya di kelas-kelas sehingga dapat memberikan gambaran yang lebih kongkret mengenai keberhasilan aplikasinya secara lebih riil, dan (4) Ada beberapa Tab peserta yang mengalami kendala seperti hanya trouble system di saat praktik pengembangan aplikasi input nilai, sehingga perlu dilakukan pengecekkan lebih dulu potensi system Tab beserta prasyarat yang diperlukannya, seperti kondisi memory, connect system server-nya, sehingga ada jaminan akan kelancaran penggunaan system Android yang diandalkannya di saat pengembangan aplikasi dan entry nilai.

Published
2018-12-26