Peningkatan Kualitas dan Pemasaran Produk Olahan Ikan di Semarang

  • Sunyoto Sunyoto
  • Atiek Zahrulianingdyah
  • Indah Anisykurlillah
Keywords: kualitas, pemasaran, olahan ikan

Abstract

Tujuan kegiatan ini adalah untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi UKM Mitra yang bergerak di bidang usaha pengolahan ikan sehingga dapat bersaing di pasar ekspor. Terdapat dua mitra kegiatan, yaitu CV. Home Industri Milkfish New Istichomah (UKM 1) dengan produk utama bandeng presto  dan UD. Ananda Jaya Industry (UKM 2) dengan produk utama ikan crispy. Permasalahan yang akan ditangani mencakup beberapa aspek, antara lain produksi/kuantitas, kualitas, kontinuitas, manajemen usaha, dan pemasaran. Kegiatan ini dirancang selama 3 (tiga) tahun, dimana pada tahun ke-1 prioritas pada aspek produksi (kuantitas dan kualitas), tahun ke-2 prioritas pada aspek manajemen usaha dan pemasaran, dan pada tahun ke-3 proritas pada penguatan aspek manajemen usaha dan pemasaran. Luaran yang dihasilkan pada tahu ke-3 ini antara lain peningkatan kualitas dan pemasaran produk, manajemen usaha dan pemasaran lebih baik, berhasil menembus pasar ekspor, jumlah tenaga kerja meningkat, jumlah aset, omset, dan keuntungan pengusaha dan pekerja meningkat.

Published
2018-12-06