STRATEGI PENGEMBANGAN UNIT PRODUKSI BUSANA SEKAR AYU
Keywords:
strategi, pengembangan, unit produksi busana, sekar ayu, jasa, produk, pemasaranAbstract
Salah satu Program Studi (Prodi) yang ada di Unnes adalah Prodi Pendidikan Tata Busana berada di Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) FT Unnes. Prodi ini merupakan program studi unggulan universitas karena memiliki peluang pengembangan industri fashion yang sangat banyak dibutuhkan oleh pasar maupun masyarakat. Lulusan programstudi pendidkan tata busana disiapkan sebagai calon pendidik di SMK keahlian busana dan dapat berwirausaha serta bekerjadi industri busana. Maka dari itu perlu dirumuskan strategi yang tepat agar unit produksi berperan optimal. Prodi Pendidikan Tata Busana memiliki laboratorium yang memadahi dan sudah merintis unit produksi busana yang diberi nama “Sekar Ayu” sebagai salah satu sarana latihan dan mengembangkan jiwa kewirausahaan mahasiswa. Unit produksi busana Sekar Ayu agar dapat berperan optimal berdasarkan analisis SWOT perlu menggunakan kekuatan yang dimiliki untuk dapat memanfaatkan peluang dikembangkan berbagai strategi melalui peningkatan kualitas jasa dan produksi serta teknik pemasaran. Peningkatan kualitas jasa meliputi penerimaaan pesanan menjahit busana perorangan, seragam, cinderamata, godybag, dan sandal rajut dan penjualan keperluan alat menjahit kecil. Diversivikasi jenis produk yang dikembangkan diantaranya busana batik zerowast , tas dekopik, dan cindera mata dari bahan shibori seta batik. Teknik pemasaran dengan membuka galeri busana sebagai show room di gedung KWU, dan melalui media sosial serta web set.