PROGRAM ENGLISH FOR TOUR GUIDE BAGI KSM PANDU WISATA JAYA KANDRI UNTUK PERSIAPAN SEBAGAI TUAN RUMAH INTERNATIONAL FOLKLORE FESTIVAL 2019

  • Pasca Kalisa
  • Alief Noor Farida
  • Issy Yuliasri
Keywords: English, Kandri, pemandu wisata

Abstract

Kegiatan pengabdian yang dilaksanakan di Kelurahan Kandri Kecamatan Gunungpati, Semarang ini merupakan kegiatan pelatihan yang memfokuskan pada English for tour guide bagi Kelompok Sadar Wisata Pandanaran, khususnya kelompok kerja KSM Pandu Wisata Jaya. Pelatihan ini bertujuan untuk mempersiapkan para pemandu wisata dalam tugasnya memandu turis asing untuk persiapan International Folklore Festival pada tahun 2019. Kegiatan ini diadakan di Desa Wisata Kandri, khususnya di Omah Pintar Petani dengan melibatkan sepuluh anggota KSM Pandu Wisata Jaya. Metode pelaksanaan kegiatan ini berupa identifikasi kebutuhan, tanya jawab, modelling, role-play, serta praktik lapangan. Pelaksanaan program ini juga dibantu oleh tim KKN Unnes dalam pendampingannya.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menunjukkan hasil yang sangat positif, yang mana para peserta pelatihan tampak antusias dalam mengikuti serangkaian kegiatan pelatihan. Selain itu, para peserta mengalami peningkatan dalam berkomunikasi dengan menggunakan ungkapan-ungkapan Bahasa Inggris sederhana seperti membuka percakapan, memperkenalkan diri, serta menjelaskan objek atau paket wisata yang dibuktikan dengan kemampuan mereka berbahasa Inggris pada saat praktik lapangan dengan turis asing. Evaluasi melalui observasi dan wawancara juga menunjukkan bahwa setelah mengikuti kegiatan pelatihan ini, para peserta merasa lebih percaya diri pada saat memandu turis asing di lapangan. Bahkan, para peserta juga menyarankan pelatihan semacam ini dapat dilakukan secara berkelanjutan.

Published
2018-12-06