IbM BAGI GURU AKUNTANSI INSTANSI/LEMBAGA SE-KOTA SALATIGA

  • Ahmad Nurkhin
  • Nurdian Susilowati
Keywords: kurikulum 2013 revisi, kompetensi dasar, akuntansi pemerintah daerah, guru

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilaksanakan di SMKN 1 Salatiga adalah berdasarkan hasil koordinasi dengan Ketua MGMP Akuntansi SMK Kota Salatiga pada bulan Juni 2018. Diperoleh informasi bahwa guru-guru akuntansi SMK di Kota Salatiga sebagai berikut: (1) kurangnya pemahaman guru pada kompetensi dasar akuntansi instansi/pemerintah yang ada di kurikulum 2013 revisi; (2) guru akuntansi belum dapat menjelaskan siklus akuntansi pemerintah daerah; dan (3) guru akuntansi beum dapat melakukan pencatatan persamaan dasar akuntansi pemerintah daerah.

Metode penyelesaian masalah adalah pelaksanaan pelatihan bagi guru. Di samping itu, tim pengabdian menyusun modul akuntansi pemerintahan daerah dan melaksanakan kegiatan pendampingan untuk membantu peserta dalam memahami materi.

Kegiatan pengabdian diikuti 24 guru akuntansi SMK se kota Salatiga. Kegiatan dilaksanakan di laboratorium akuntansi SMK Negeri 1 Salatiga. Kegiatan dibuka oleh kepala sekolah dan dipandu oleh ketua program studi. Tim pengabdian melaksanakan kegiatan pengabdian dalam bentuk pelatihan kepada guru dengan memberikan modul yang telah disusun. Peserta kegiatan dapat mengikuti dengan baik dan antusias. Peserta dapat langsung menyampaikan pendapat dan pertanyaan dalam kegiatan pelatihan. Narasumber kegiatan adalah Nurdian Susilowati, S.Pd., M.Pd. yang merupakan dosen Akuntansi Sektor Publik FE UNNES. Narasumber didampingi tim pengabdian.

 

Published
2018-12-06