PELATIHAN PEMBUATAN FIBRE COMPOSITE BERBASIS NATURAL FIBRES

  • Heri Yudionoa
  • Wahyudi Wahyudi
  • Ahmad Mustamil Khoiron
  • Kriswanto Kriswanto
Keywords: Pelatihan IN-ON-IN, komposit, natural fibres

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan pembuatan komposit berbasis serat alam bagi mahasiswa Teknik Mesin Unnes yang sedang dan akan menempuh mata kuliah skripsi dalam bidang material teknik. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep,  keterampilan teknis dalam pembuatan komposit dari serat alam, melakukan pengujian dan menganalisa hasil pengujian tarik, pengujian bending, dan pengujian impak. Sedangkan target dari pelatihan ini adalah mahasiswa mampu memahami konsep pengujian mekanis, meningkatkan ketrampilan teknis pembuatan komposit, melakukan pengujian, dan menganalisa hasil pengujian mekanis.

Metode yang digunakan dalam pelatihan adalah IN-ON-IN. Pelatihan IN1 dilakukan melalui tutorial praktis tentang konsep komposit, teori praktis pembuatan komposit, konsep pengujian tarik, bending, dan impak di dalam kelas. Pelatihan ON dilakukan melalui proses pembuatan komposit, pembuatan specimen pengujian, pengenalan Universal Testing dan impact testing, dan pengujian mekanis di laboratorium Produksi dan Pengujian Bahan. Pelatihan IN2 melalui evaluasi hasil praktik dan pengujian komposit, serta coaching clinic yang dilakukan di dalam kelas. Kalayak sasaran dalam pengabdian kepada masyarakat sebanyak 14 mahasiswa Teknik Mesin Unnes yang sedang dan akan menempuh mata kuliah skripsi.

Hasil kegiatan pengabdian masyarakat mengungkapkan bahwa : 1) pelatihan pembuatan fibre composit berbasis natural fibres mampu meningkatkan 32,19% kemampuan mahasiswa Teknik Mesin Unnes dalam membuat fibre composit, melakukan pengujian, dan menganalisa hasil pengujian; dan 2) ada perbedaan nilai rata-rata pre test dengan nilai rata-rata post test sebesar 20,00 setelah mengikuti pelatihan pembuatan fibre composite berbasis serat alam pada mahasiswa Teknik Mesin Unnes.

Published
2018-12-06