Pengembangan Materi Dan Media Pembelajaran Wayang Di TK Di Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang

  • M. Ibnan Syarif
  • Dwi Budi Harto Budi Harto
  • PC. S. Ismiyanto
Keywords: materi, media, pembelajaran, wayang, wayang

Abstract

Pendidikan anak usia dini sangat penting dan merupakan landasan bagi pendidikan selanjutnya. Berbagai potensi baik fisik maupun psikis, dan juga nilai dapat ditanamkan pada anak sejak usia dini. Wayang yang mengandung nilai-nilai kesenian, keindahan, filsafat, pola tingkah laku, persepsi keagamaan, dambaan dan cita-cita, patut dipertimbangkan untuk dimasukkan dalam pembelajaran di TK. Pembelajaran wayang di TK dilaksanakan  dalam kerangka pengembangan aspek apresiasi dan kreasi seni.  Tujuan khusus kegiatan pengabdian ini adalah meningkatkan: (1) pemahaman dan kemampuan guru-guru dalam mengembangkan materi dan media pembelajaran wayang di TK dengan memanfaatkan potensi yang ada di lingkungan sekolah. Target luaran kegiatan pengabdian ini adalah: (1) Peningkatan pemahaman dan kemampuan guru dalam mengembangkan materi dan media pembelajaran wayang di TK dengan memanfaatkan potensi yang ada di lingkungan sekolah; dan (2) Publikasi ilmiah di jurnal nasional bereputasi. Metode yang dilakukan untuk memecahkan masalah atau mencapai target kegiatan pengabdian ini adalah: (1) Pelatihan (workshop), yang bertujuan memberikan pemahaman dan kemampuan dalam mengembangkan materi dan media pembelajaran wayang di TK (2), dan (3) Melakukan evaluasi untuk menentukan tingkat keberhasilan kegiatan.  Berdasarkan hasil kegiatan pengabdian dapat disimpulkan bahwa: Pertama, guru yang memiliki peran penting dalam pembelajaran, telah mampu mengembangkan materi dan media pembelajaran wayang di TK dengan memanfaatkan potensi yang ada di lingkungan sekolah. Kedua, dengan meningkatnya kemampan guru dalam mengembangkan materi dan media pembelajaran wayang di TK, maka dapat dikatakan bahwa kegiatan pengabdian ini berhasil dengan baik.

Published
2018-12-06