OPTIMALISASI SELF-PUBLISHING DALAM PENINGKATAN KUALITAS DAN KUANTITAS PUBLIKASI KARYA BAGI GURU DI KOTA SALATIGA

  • Asep Purwo Yudi Utomo
  • Uki Hares Yulianti
  • Iwan Hardi Saputro

Abstract

Budaya literasi belakangan ini sedang gencar dikampanyekan, khususnya di dunia pendidikan. Hal ini bukan tanpa alasan sebagaimana dikabarkan dari berbagai media bahwa budaya membaca (perbukuan) dan literasi masyarakat Indonesia tertinggal empat tahun dibandingkan dengan negara lain. Jika ditelusuri, salah satu penyebab rendahnya budaya literasi Indonesia adalah ketersediaan buku bacaan yang ada di masyarakat dan keteraksesan buku tersebut oleh masyarakat. Akan tetapi, data menunjukkan bahwa angka penjualan buku-buku pendidikan masih rendah. Fakta ini tentu membutuhkan solusi. Salah satu solusi yang diusulkan dalam kegiatan Program Kemitraan Masyarakat ini adalah optimalisasi self-publishing sebagai upaya peningkatan kualitas dan kuantitas publikasi karya kreatif. Berdasarkan latar belakang di atas maka perumusan masalah dalam kegiatan Program Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen ini yaitu: (1) Bagaimana analisis strategi optimalisasi self-publishing yang dilakukan oleh Tim Pengabdi bersama dengan Mitra dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas karya; (2) Bagaimana optimalisasi self-publishing dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas karya. Metode pelaksanaan kegiatan Program Pengabdian Kepada Masyarakat ini mengacu pada Sepuluh Tahap Self-Publishing. Solusi yang ditawarkan dalam Program Kemitraan Masyarakat yang kami rancang adalah: (1) melakukan pelatihan terstruktur tentang self-pubishing; (2) mempersiapkan naskah karya; dan (3) melakukan publikasi karya. Target luaran kegiatan Program Pengabdian Kepada Masyarakat ini yaitu: (1) menganalisis keberhasilan strategi optimalisasi self-publishing yang dilakukan oleh Tim Pengabdi bersama dengan Mitra dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas karya; (2) meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi karya melalui self publishing.

 

Published
2018-12-06