EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS EDMODO PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI MATERI MITIGASI DAN ADAPTASI BENCANA ALAM KELAS X SMA N 2 SUKOREJO KABUPATEN KENDAL TAHUN AJARAN 2017-2018

  • Eka Mumaridah
  • Apik Budi Santoso
  • Sriyono Sriyono
  • Erni Suharini

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk: 1) Mengetahui pelaksanaan model pembelajaran blended learning berbasis edmodo pada pembelajaran geografi. 2) Mengetahui efektivitas model pembelajaran blended learning berbasis edmodo terhadap hasil belajar geografi. 3) mengetahui minat dan tanggapan siswa dan guru terhadap penggunaan model pembelajaran blended learning berbasis edmodo. Populasi penelitian ini adalah kelas X SMA Negeri 2 Sukorejo. Sampel penelitian ini adalah kelas X IPS 1 (kelas eksperimen) dan kelas X IPS 2 (kelas kontrol). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dokumentasi, wawancara dan observasi. Metode analisis data menggunakan deskriptif persentase dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan  pembelajaran dapat terlaksana dengan baik dimana persentase kinerja guru kelas eksperimen baik. Aktivitas siswa pada kelas eksperimen sebesar 82,4% lebih baik daripada kelas kontrol dengan persentase sebesar 71%. Hasil posttest menunjukkan rata-rata kelas eksperimen sebesar 80,55dan hasil rata-rata kelas kontrol sebesar 76,44. Hasil uji t menunjukkan bahwa  thitung (2,155) > ttabel (1,69). Hasil uji N gain menunjukkan hasil 1,34 dan termasuk ke dalam kategori tinggi. Minat dan tanggapan guru dan siswa terhadap model pembelajaran blended learning berbasis edmodo sangat tertarik. Simpulan penelitian ini yaitu, penggunaan model pembelajaran blended learning berbasis edmodo  mata pelajaran geografi  materi mitigasi dan adaptasi bencana alam lebih efektif daripada model pembelajaran menggunakan power point.

Published
2018-12-06