PKM Rumah Belajar di Desa Campurejo, Kec. Boja, Kabupaten Kendal dan di Desa Pagersari Kec. Patean, Kabupaten Kendal, Propinsi Jawa Tengah

  • Ira Setiawati
  • Penta Widyartati
  • Mahmudi Mahmudi

Abstract

Rumah belajar merupakan salah satu alternatif untuk membantu dan melayani masyarakat khususnya anak-anak dan para siswa putus sekolah, ataupun siswa yang masih bersekolah dengan berbagai kondisi yang terbatas dalam proses pembelajaran mereka. Salah satu tujuan berkembangnya rumah belajar saat ini adalah tersedianya fasilitas pengembangan kreativitas, meningkatkan keterampilan berpikir dan saling berbagi secara kolaboratif  antara  para peserta (user) atau siswa, pengelola dan tenaga pengajar dalam hal ini adalah para kader serta volunteer, maupun dengan masyarakat umum.

Pada pelaksanaan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini, Mitra PKM kami adalah Taman Baca Vamina dan LabsG Academy. Taman Baca Vamina adalah taman baca yang dimiliki dan dikelola secara pribadi, bersifat social oriented, yang melayani peminjaman buku-buku dan majalah untuk  masyarakat sekitar tanpa ditarik iuran atau biaya, sedangkan LabsG Academy adalah organisasi nirlaba, dengan misi melahirkan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi dan kemampuan dalam bidang design animation.  

Adanya perbedaan kebutuhan antara Mitra pertama dengan Mitra kedua, maka bentuk hibah pengabdian yang diberikan pada kedua mitra juga berbeda. Pada Mitra pertama, pengabdian yang diberikan berupa pemberian pagar rumah untuk lebih menjamin keamanan aset yang dimiliki oleh Taman Baca Vamina, pemberian tambahan rak buku untuk menyimpan dan men display buku-buku yang sudah ada, serta yang penambahan buku-buku anak dan  mainan anak untuk menambah semangat anak untuk mengunjungi taman baca Vamina. Selain itu juga diberikan pelatihan pengelolaan taman Baca sehingga diharapkan taman baca Vamina dapat terus eksis dalam melayani masyarakat. Sedangkan pada Mitra kedua, pengabdian yang diberikan dalam bentuk pemberian modem, mobile phone, dan laptop untuk sarana belajar anak-anak yang mempunyai minat dan bakat dalam bidang design animation tersebut. Selain itu juga diberikan pula pelatihan dalam tata kelola rumah belajar bagi mitra LabsG Academy sehingga diharapkan LabsG Academy dapat lebih menarik minat siswa dan calon siswa yang akan belajar pada LabsG Academy tersebut dan untuk pencatatan inventarisasi aset yang telah dimiliki oleh Mitra kedua tersebut.

Tim pengabdian kami, juga melakukan upaya untuk dapat menginspirasi dan memberikan informasi kepada khalayak, tentang kegiatan yang diadakan di Rumah Belajar, dengan memberika luaran tambahan berupa Hosting dan Domain non komersial dengan menggunakan model CMS (Content Management System).

Published
2018-12-06