Inovasi Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Model Fun Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara pada Siswa SD dan Ibu-ibu di Komunitas Desa Inggris Semarang

  • Issy Yuliasri
  • Rohani Rohani
  • Wahib Wahib
Keywords: Berbicara, Fun Learning

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan  untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak-anak usia SD serta Ibu-ibu pada komunitas Desa Inggris Semarang di RT4,  RW 13, Kelurahan Meteseh, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. Dalam melaksanakan kegiatan ini, digunakan pendekatan 'Fun Learning', yaitu belajar dengan kegiatan yang menyenangkan. Inovasi yang dilakukan yakni pada kegiatan yang menggabungkan ciri belajar yang cerdas, mudah, cepat, dan menyenangkan atau  learning English smartly, easily, rapidly, and happily (disingkat 'LEngser-ah'). Peserta kegiatan ini terdiri dari 12 siswa SD dan 7 Ibu-ibu pada komunitas belajar Desa Inggris Semarang.  Pengabdian ini dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Metode pelaksanaan kegiatan berupa tanya jawab, modelling, serta role play dan permainan edukatif. Dalam pengabdian ini, hasilnya adalah respon mereka terhadap materi berbicara dengan model Fun Learning ini sangat positif. Peserta aktif  dan antusias karena mereka tidak hanya mendengarkan materi yang disampaikan di pertemuan sebelumnya, tetapi juga langsung mempraktekkan dengan permainan edukatif berbasis role play.  Keaktifan dan antusiasme ini penting dibangun untuk memotivasi para anak dan ibu agar menyukai belajar bahasa Inggris, sehingga ke depan mereka bisa bersiap untuk terus belajar bahasa Inggris. Dengan demikian, literasi bahasa Inggris para anak dan ibu akan meningkat, sehingga tercapai masyarakat yang lebih berwawasan internasional.

Published
2018-12-06