Pengembangan Media Baru dan Media Promosi Digital dalam Tantangan Industri Kreatif Kerajinan Anyaman Desa Jepang

  • Eko Sugiarto
  • Kemal Budi Mulyono
  • Tjetjep Rohendi Rohidi
Keywords: kerajinan, anyaman, new media art, industri, inovasi

Abstract

Kriya anyaman (sebagai produk seni tradisi) di Desa Jepang Kabupaten Kudus saat ini menghadapi dua persoalan yang dikotomis. Di satu segi desain anyaman tradisional yang masih dipertahankan saat ini semakin tertinggal dan tidak diminati pasar. Di segi lain terdapat tantangan berupa munculnya segmentasi pasar seni dalam bentuk produk anyaman yang lebih kontemporer dan fungsional bagi kebutuhan masyarakat urban. Hal ini berdampak pada manajemen usaha (khususnya pemasaran) yang masih konvensional. Aspek produksi dan menajemen usaha kerajinan anyaman belum tergarap dengan maksimal. Tujuan paper ini ingin menjelskan: (1) inovasi media baru, teknik, dan kemampuan mengembangkan gagasan desai serta (2) pengembangan media promosi online. Metode yang digunakan yakni prapengembangan, pengembangan, dan pascapengembangan. Hasil yang dicapai yaitu penerapan metode new media art (NMA) dalam berkarya kerajinan dan perluasan jejaring pemasaran melalui media website/online.

Published
2018-12-06