STRATEGI PENGEMBANGAN UNIT PRODUKSI BUSANA SEKAR AYU

Authors

  • Sri Endah Wahyuningsih
  • Saptariana Saptariana
  • Siti Nurohmah
  • Rudlotus Sholikhah

Keywords:

strategi, pengembangan, unit produksi busana, sekar ayu, jasa, produk, pemasaran

Abstract

Salah satu Program Studi (Prodi) yang ada di Unnes adalah Prodi Pendidikan Tata Busana  berada di Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) FT Unnes. Prodi  ini merupakan program studi unggulan universitas karena memiliki peluang pengembangan  industri fashion yang sangat  banyak dibutuhkan oleh pasar maupun masyarakat. Lulusan programstudi pendidkan tata busana disiapkan sebagai calon pendidik di SMK keahlian busana dan dapat berwirausaha serta bekerjadi industri busana. Maka dari itu perlu dirumuskan strategi yang tepat agar unit produksi berperan optimal. Prodi Pendidikan Tata Busana memiliki laboratorium yang memadahi dan sudah  merintis unit produksi busana yang diberi nama “Sekar Ayu” sebagai salah satu sarana latihan dan  mengembangkan jiwa kewirausahaan mahasiswa. Unit produksi busana Sekar Ayu agar dapat berperan optimal  berdasarkan analisis SWOT perlu menggunakan kekuatan yang dimiliki untuk dapat memanfaatkan peluang  dikembangkan  berbagai strategi melalui peningkatan kualitas jasa dan produksi serta teknik pemasaran. Peningkatan kualitas jasa meliputi penerimaaan pesanan menjahit busana perorangan, seragam, cinderamata, godybag, dan sandal rajut dan penjualan keperluan alat menjahit kecil. Diversivikasi jenis produk yang dikembangkan diantaranya busana batik zerowast , tas dekopik, dan cindera mata dari bahan shibori seta batik. Teknik pemasaran dengan membuka galeri busana sebagai  show room di gedung KWU, dan melalui media sosial serta web set.

Downloads

Published

2018-12-06