Reformasi Pembelajaran Abad 21: Implementasi Merdeka Bermain melalui Model Pembelajaran ABCD5E di TK Labschool UNNES

Authors

  • Sri Wiji Handayani Universitas Negeri Semarang
  • Lita Latiana Universitas Negeri Semarang
  • Yuli Kurniawati Sugiyono Pranoto Universitas Negeri Semarang

Keywords:

reformasi pembelajaran, merdeka bermain, model pembelajaran ABCD5E, kompetensi abad 21, learning reform, freedom to play, ABCD5E learning model, 21st century competence

Abstract

Abstrak. Pendidikan itu pada hakikatnya adalah hak setiap individu. Dalam hak itu ada sebuah kemerdekaan yang berarti manusia sebagai ciptaan Tuhan memiliki hak untuk mengembangkan diri sesuai dengan kodratnya. Ada sebuah kemandirian dalam kemerdekaan artinya mandiri dalam menentukan keputusan untuk pengembangan atas diri manusia. Sekalipun kemerdekaan merupakan kebebasan namun tetap memperhatikan aturan aturan yang berlaku dalam kehidupan masyarakat. Makalah disusun dari hasil penelitian untuk mengetahui arti dari sebuah kemerdekaan anak didik usia dini dalam belajar melalui bermain yang dikemas melalui konsep merdeka bermain dalam model Pembelajaran ABCD5E di TK Labschool Unnes. Sebuah model yang diciptakan oleh Sri Wiji Handayani dkk untuk melakukan sebuah reformasi pembelajaran di lembaga TK Labschool Unnes pada ABAD 21. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik penelitian Observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara bahwa dengan dengan melalui merdeka bermain dalam model pembelajaran ABCD5E dapat mereformasi pembelajaran sebelumnya sehingga capaian kompetensi abad 21 dapat dicapai secara optimal.

 Abstract. Education is essentially the right of every individual. In that right there is an independence which means that humans as God's creation have the right to develop themselves according to their nature. There is an independence in independence which means being independent in making decisions for the development of human beings. Even though independence is freedom, it still pays attention to the rules that apply in people's lives. The paper is compiled from the results of research to find out the meaning of an independence for early childhood students in learning through play which is packaged through the concept of independent play in the ABCD5E Learning model at the Unnes Labschool Kindergarten. A model created by Sri Wiji Handayani et al to carry out a learning reform at the TK Labschool Unnes in the 21st century. The research method used was descriptive qualitative research with observation and interview techniques. Based on the results of observations and interviews, by being free to play in the ABCD5E learning model, you can reform previous learning so that the achievement of 21st century competencies can be achieved optimally.

Downloads

Published

2021-12-31

Issue

Section

Articles