Keefektifan Model Pembelajaran Blended Learning melalui E-Learning UNIPMA (eLMA) dalam Pembelajaran Membaca pada Era Digital

Authors

  • Rengganis Siwi Amumpuni Universitas Negeri Semarang
  • Rudi Hartono Universitas Negeri Semarang
  • Dwi Rukmini Universitas Negeri Semarang
  • Rahayu Puji Haryanti Universitas Negeri Semarang

Keywords:

membaca, pengajaran membaca, blended learning, LMS, eLMA

Abstract

Abstrak. Masa pandemic telah mempengaruhi dunia pendidikan, memaksa pergeseran dari pembelajaran langsung ke pembelajaran online. Sebagai model pembelajaran alternatif, blended learning dapat digunakan dengan eLMA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas blended learning menggunakan e-LMA untuk pemahaman bacaan di era digital. Dalam penelitian ini menggunakan populasi eksperimen semu yang mencakup populasi tahun kedua Pengajaran Bahasa Inggris. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas 2A sebagai kelas eksperimen dan kelas 2B sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan uji baca dan dianalisis menggunakan SPSS Tipe 22 dan uji-t independen..Hasil penelitian ini menunjukkan perbedaan antara siswa yang mendapat perlakuan blended learning dengan e-LMAdan tanpa penggunaan Elma, mahasiswa dengan perlakuan mendapatkan nilai  yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa tanpa perlakuan. Dapat disimpulkan bahwa pengajaran membaca menggunakan blended learning dengan e-LMA lebih efektif dan berpengaruh signifikan terhadap keterampilan membaca siswa

Kata kunci: membaca, pengajaran membaca, blended learning, LMS, eLMA.

Abstract. The COVID-19 outbreak has influenced education, forcing face-to-face learning to shift to online learning. Thus, blended learning with eLMA can be used as an alternate teaching model. The aim of this study is to know the effectiveness of blended learning using eLMA on reading skill. The study implemented a quasi-experimental with population of all of the second semester of English Teaching Department, Universitas PGRI Madiun. The samples are 2A-class as the experimental class and 2B-class as the control class. The data is collected through reading test which then analyzed using SPSS 22 by independent t-test. The result showed that the students treated using blended learning with eLMA got higher results than those in traditional class. It means that teaching reading using blended learning with eLMA is more effective and has a significance effect on students’ reading skill.

Key words: reading, teaching reading, blended learning, LMS, eLMA.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles