Pembelajaran Flipped Classroom dalam Meningkatkan Self-Regulated Learning Siswa

Authors

  • Zainnur Wijayanto Universitas Negeri Semarang
  • Sukestiyarno Sukestiyarno Universitas Negeri Semarang
  • Kristina Wijayanti Universitas Negeri Semarang
  • Emi Pujiastuti Universitas Negeri Semarang

Keywords:

flipped classroom, self-regulated learning, pembelajaran matematika

Abstract

Pembelajaran Flipped Classroom merupakan model pembelajaran berbasis teknologi yang relevan dengan perkembangan pembelajaran di era revolusi industri 4.0. Secara garis besar, pelaksanan model pembelajaran Flipped Classroom diawali dengan pembelajaran di rumah dengan melihat video secara online dibantu dengan LKPD. Hal ini menyebabkan siswa harus memiliki kemandirian belajar yang tinggi agar penerapan model pembelajaran Flipped Classroom dapat maksimal. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen murni (true experimental) dengan rancangan random atau disebut juga randomized pretest – postest control group design dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Gamping dan melibatkan 68 siswa. Data diperoleh melalui pretest dan postes kemudian dianalisis dan dihasilkan suatu kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan self-regulated learning siswa yang belajar menggunakan model Flipped Classroom lebih baik daripada siswa yang belajar menggunakan model konvensional.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles