Peran Pemerintah Bersama DUDI dalam Implementasi Merdeka Belajar pada Pendidikan Vokasi SMKN 4 Gowa

Authors

  • Zaenab Zaenab Universitas Negeri Semarang
  • Heri Yanto Universitas Negeri Semarang
  • Isti Hidayah Universitas Negeri Semarang
  • Suwito Eko Pramono Universitas Negeri Semarang

Abstract

Pendidikan Formal yang merupakan pendidikan kejuruan untuk jenjang sekolah menengah guna mempersiapkan anak didik untuk dapat bekerja pada bidang tertentu sesuai kompetensi keahliannya, ini di kenal dengan nama Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Adapun tujuan penelitian ini adalah  untuk mengetahui 1)  kesesuaian kompetensi yang dibutuhkan DUDI dengan kompetensi yang dimiliki SMK 2) tingkat pemahaman kepala sekolah  tentang kebijakan mengenai strategi revitalisasi SMK, menghadapi kendala permasalaham serta harapan pengembangan SMK ke depan, terutama peningkatan kualitas lulusan. 3)  gambaran  sejauh mana peranan pemerintah bersama DUDI pada Pendidikan Vokasi SMKN 4 Gowa dalam Pengimplementasian Kurikulum Merdeka. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif. Pengumpulan data melalui  observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek Penelitian adalah Kepala Sekolah, Kepala Program , Guru  di SMKN 4 Gowa.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles