Komunikasi Interpersonal Dosen-Mahasiswa dalam Ujian Tugas Akhir

Authors

  • Aisyah Ririn Perwikasih Utari Universitas Negeri Semarang
  • Januarius Mujiyanto Universitas Negeri Semarang
  • Sri Wuli Fitriati Universitas Negeri Semarang
  • Suwandi Suwandi Universitas Negeri Semarang

Keywords:

makna interpersonal, keterlibatan, ujian tugas akhir

Abstract

Fitur kebahasaan yang digunakan dalam Bahasa Inggris lisan dan tulisan sering menjadi bahasan dan analisis terutama dalam konteks akademik. Tulisan ilmiah yang ditulis mahasiswa dalam studi di Perguruan Tinggi berfokus pada bagaimana cara menyampaikan apa yang telah ditulis dalam sebuah forum yang mengharuskan penyajian secara presentasi. Hal ini mungkin sudah sering dilakukan mahasiswa ketika mengikuti perkuliahan sejak awal semester hingga pada saatnya mereka mengikuti ujian tugas akhir dalam bentuk skripsi. Ujian skripsi pada umumnya terdiri dari beberapa sesi yaitu pembukaan, presentasi, tanya jawab, keputusan, dan penutup. Fitur kebahasaan yang digunakan dalam komunikasi antar dosen penguji dan mahasiswa inilah yang akan menjadi topik menarik untuk dianalisis, khususnya dalam komunikasi interpersonal melalui pengidentifikasian keterlibatan audiens seperti yang dikutip dari tulisan Forey dan Feng (2016) yaitu fungsi, keterlibatan, jarak sosial, dan affect menunjukkan perbedaan utama bahasa tulis dan lisan dalam makna interpersonal dan interaktifnya. Makna interpersonal penguji dan mahasiswa akan dianalisis untuk menafsirkan strategi bertanya, menanggapi, dan menjawab dalam sesi diskusi setelah presentasi. Dengan demikian, analisis wacana mutimodal diterapkan untuk menuju pada hasil penelitian.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles