Analisis Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Tari “Manuk Dadali”: Systematic Literature Review

Authors

  • Alfina Setyawati Universitas Negeri Semarang
  • Yuli Kurniawati Sugiyo Pranoto Universitas Negeri Semarang

Keywords:

: kecerdasan kinestetik, anak usia dini, pembelajaran tari “manuk dadali”

Abstract

Pembelajaran tari anak yang berbasis pada kearifan lokal di sekolah sangat penting untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik pada diri anak. Tujuan penelitian untuk menganalisis kecerdasan kinestetik anak usia dini melalui pembelajaran “manuk dadali”, Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif diperoleh dengan cara meriview jurnal/artikel yang berkaitan dengan kecerdasan kinestetik anak usia dini melalui pembelajaran tari “manuk dadali”, Hasil penelitian ini adalah ternyata pembelajaran tari dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik anak melalui gerakan-gerakan tubuh seperti dengan cara membungkukkan badan dengan sambil memutarkan badan, keseimbangan tubuh dengan mengangkat 1 kaki, menggerakan tangan kanan dan tangan kiri melalui tari “manuk dadali”, karena tari manuk dadali termasuk irama dan gerakannya yang mudah membuat anak sangat antusias dalam bergerak melalui pembelajaran tari “manuk dadali”, Implikasi atau manfaat penelitian untuk masyarakat bahwa pembelajaran tari dapat menstimulasi potensi anak usia dini dan secara tidak sadar anak telah menerapkan pengetahuan tentang kebudayaan dalam kehidupannya.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles