Keterkaitan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Kemandirian Belajar Pada Sekolah Menengah

Authors

  • Ali Wardana Universitas Negeri Semarang
  • YL Sukestiyarno Universitas Negeri Semarang
  • Wardono Wardono Universitas Negeri Semarang
  • Amin Suyitno Universitas Negeri Semarang

Keywords:

kemampuan berpikir kritis, kemandirian belajar

Abstract

Hubungan Berpikir kritis dengan pembelajaran matematika merupakan hubungan yang sangat erat dan kuat,  karena kemampuan berpikir kritis memberikan arahan yang lebih tepat kepada siswa dalam berpikir, bekerja, menyelesaikan masalah dan membantu lebih akurat dalam menentukan keterkaitan sesuatu dengan lainnya. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya keterkaitan kemampuan Berpikir Kritis dengan Kemandirian Belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei, sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis korelasi dan regresi sedehana. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Paguyangan Kelas II Tahun  Ajaran  2020/2021.  Hasil  penelitian  berupa adanya keterkaitan kemampuan berpikir kritis dengan kemandirian  belajar, hal ini dapat dilihat dari uji regresi sederhana antara kemandirian                 belajar terhadap kemampuan berpikir kritis. Jadi penelitian ini telah terbukti bahwa kemandirian belajar mempunyai keterkaitan dengan kemampuan berpikir kritis yang diartikan semakin tinggi kemandirian belajar maka kemampuan berpikir kritis semakin baik. Sebaliknya jika kemandirian belajar rendah maka kemampuan berpikir kritis semakin menurun.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles