Analisis Kebutuhan Pembelajaran Academic Writing bagi Mahasiswa Calon Guru Bahasa Inggris (Perspektif Dosen dan Mahasiswa)

Authors

  • Amrina Rosyada Universitas Negeri Semarang
  • Januarius Mujianto Universitas Negeri Semarang
  • Sri Wuli Fitriati Universitas Negeri Semarang
  • Rudi Hartono Universitas Negeri Semarang

Keywords:

analisis kebutuhan, mata kuliah academic writing, mahasiswa calon guru Bahasa Inggris, perspektif dosen, perspektif mahasiswa

Abstract

Di antara  empat keahlian Bahasa Inggris, kemampuan menulis dalam Bahasa Inggris menjadi salah satu keahlian yang paling menantang bagi mahasiswa calon guru Bahasa Inggris. Sebagai calon guru Bahasa Inggris, kemampuan menulis ini meliputi aspek pengetahuan, aspek proses dan aspek luaran. Kemampuan yang komprehensif meliputi ketiga dimensi yang saling terkait dan tidak dapat dipisahkan tersebut menjadi sangat penting sebagai bekal mengajar di kemudian hari. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memformulasikan strategi pembelajaran yang komprehensif dengan basis pengetahuan (knowledge), proses (process), dan luaran (output) mata kuliah atau disingkat dengan C-KPO. Sebagai preliminary research untuk penelitian disertasi selanjutnya, pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan seperangkat kuesioner yang diberikan kepada mahasiswa dan dosen untuk mendapatkan perspektif dari dua sisi yang saling melengkapi. Dengan mengimplementasikan pendekatan penelitian studi kasus kualitatif, penelitian ini melibatkan 96 orang mahasiswa dan 7 orang dosen pada mata kuliah Academic Writing. Hasil penelitian menunjukkan berbagai kendala yang dihadapi baik oleh mahasiswa maupun dosen dalam melaksanakan strategi pembelajaran yang sudah ada. Dengan demikian, baik mahasiswa maupun dosen menunjukkan kebutuhan atas satu strategi pembelajaran yang komprehensif berbasis pengetahuan, proses, dan luaran mata kuliah.        

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles