Ruang Belajar Anak Seraya Bermain Yang Menarik Untuk Anak Usia Dini: Literature Review

Authors

  • Anbar Zumayyah M Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Ruang belajar, perkembangan anak, pendidikan anak usia dini

Abstract

Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengidentifikasi penataan arsitektur lingkungan ruang belajar anak usia dini yang ramah terhadap anak. Penelitian ini mengunakan metode systematic literature review. Jurnal yang dicari merupakan jurnal yang terkait dengan topik ruang menarik yang sesuai yang menarik dengan ruang belajar anak seraya bermain untuk anak usia dini dengan pencari carian dengan rentang waktu 8 tahun terakhir ini dari 2014-2022 dan didapatkan 14 artikel yang sesuai dengan kriteria yang diberikan. Pencarian sumber dilakukan di situs google scholar dan publish or perish dengan kata kunci ruang belajar, perkembangan anak, pendidikan anak usia dini. Hasil tinjauan pustaka menunjukan Arsitektur ruang belajar membuat penataan lingkungan secara fisik menarik perhatian, memberikan kenyamanan dan aman baik di dalam ruangan maupun diluar ruangan dengan bentuk dan ukuran ruang, pola pemasangan lantai, warna dan hiasan dinding, bahan dan ukuran perabotan ruangan, bentuk, warna, ukuran, jumlah, dan bahan berbagai alat main yang digunakan sesuai dengan perencanaan sedangan untuk belajar diluar ruangan melihat keamanan seperti tumbuhan beracun, lubang, tanaman berduri, pengamanan wilayah dan pembatan area bermain.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles