Analisis Tindak Tutur Pada Buku Teks Yang Berjudul “When English Rings A Bell “ Textbook

Authors

  • Andrian Nuriza Johan Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Januarius Mujiyanto Universitas Negeri Semarang
  • Sri Wuli Fitriati Universitas Negeri Semarang
  • Rudi Hartono Universitas Negeri Semarang

Keywords:

tidak tutur, buku teks

Abstract

Dalam komunikasi lintas budaya, keterampilan pragmatis sangat penting. Dalam pragmatik, tindak tutur dianggap sebagai "salah satu konsepsi yang paling meyakinkan". Sangat disarankan bahwa materi buku teks mencakup komponen pragmatis yang memadai untuk memungkinkan peserta didik menjadi kompeten secara pragmatis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat tindak tutur dalam buku teks When English Rings a Bell. Penelitian kualitatif digunakan untuk mengumpulkan data, menganalisis data, dan membuat kesimpulan berdasarkan temuan analisis. Analisis isi adalah jenis penelitian kualitatif yang digunakan. Dalam buku teks bahasa Inggris berjudul When English Rings a Bell, data berupa tindak tutur dalam setiap ujaran yang tercakup dalam setiap percakapan. Temuan itu dari 84 data (ucapan), ada 40 data asertif/perwakilan, 23 data direktif, 3 data komisif, 18 data ekspresif, dan tidak ada datum deklarasi terkait kategori tindak tutur dalam percakapan dalam buku teks “When English Rings a Bell". Peneliti menemukan bahwa keempat jenis tindak tutur dengan fungsinya masing-masing ini semuanya terdapat dalam delapan puluh empat ujaran yang digunakan oleh penutur setiap percakapan dalam buku teks berjudul When English Rings a Bell. Untuk fungsi tutur yang disebut asertif atau perwakilan yang terdapat dalam percakapan buku teks pilihan peneliti, ada yang menyatakan, menginformasikan, dan menyetujui. Sedangkan fungsi komisif tindak tutur yang ditemukan adalah menawarkan dan menjanjikan. Pada jenis tindak tutur direktif terdapat pertanyaan dan permintaan. Last but not least, fungsi jenis tindak tutur ekspresif adalah berterima kasih, memuji, dan mengungkapkan suka.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles