Penguatan Sumber Daya Manusia Unggul melalui Pembelajaran Menulis Artikel Ilmiah bagi Mahasiswa dengan Model Opinion Argument

Authors

  • Antonius Nesi Universitas Negeri Semarang
  • Fathur Rokhman Universitas Negeri Semarang
  • Rustono Rustono Universitas Negeri Semarang
  • Rahayu Pristiwati Universitas Negeri Semarang

Keywords:

SDM unggul, artikel ilmiah, argumen Walton

Abstract

Penguatan SDM unggul di perguruan tinggi tidak lepas dari proses pembelajaran, termasuk pembelajaran menulis artikel ilmiah. Kualitas sebuah artikel ilmiah dapat dilihat dari konstruksi argumen-argumen yang dibangun penulisnya. Kajian ini bertujuan mendeskripsikan penguatan sumber daya manusia unggul melalui pembelajaran menulis artikel ilmiah bagi mahasiswa dengan model argumen Walton. Sumber data penelitian ini ialah 25 artikel jurnal mahasiswa dan hasil isian kuesioner. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik baca-catat. Dalam analisis data digunakan model analisis Milles dan Huberman untuk data kualitatif, dan teknik statistik deskriptif untuk data kuantitatif. Hasil penelitian ini sebagai berikut. Pertama, dari 25 artikel jurnal ditemukan sebanyak 26 paragraf berisi argumen pendapat ahli dan 12 paragraf berupa argumen pendapat umum. Dari ke-26 paragraf argumen pendapat ahli itu diidentifikasi adanya 14 paragraf berwujud argumen dasar, 7 paragraf berwujud argumen konfirmasi, dan 5 paragraf berwujud argumen perbandingan. Sementara itu, dari 12 paragraf yang berisi argumen pendapat umum diidentifikasi bahwa terdapat 6 paragraf berwujud argumen teori/konsep, 3 paragraf berwujud argumen dalil/hukum, dan 4 paragraf berwujud argumen analogi. Kedua, berdasarkan sebaran kuesioner diperoleh hasil bahwa pada level C4 sebanyak 38 mahasiswa menyatakan dapat melakukan analisis terhadap model argumen pendapat ahli, sedangkan 26 sebaliknya. Pada tingkat C5, 30 mahasiswa menyatakan dapat membuat evaluasi, sedangkan 34 lainnya menyatakan tidak dapat membuat evaluasi. Pada level mencipta, sebanyak 23 menyatakan dapat merekonstruksi pendapat ahli, sedangkan 41 lainnya menyatakan sebaliknya. Hasil temuan ini dapat dimanfaatkan untuk studi lebih lanjut tentang pembelajaran menulis artikel jurnal bagi mahasiswa dengan model argumen Walton, dapat juga dimanfaatkan untuk meningkatkan mutu pembelajaran.  

 

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles