Pengembangan Literasi Digital Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Anak Usia Dini dalam Menyambut Kurikulum Merdeka

Authors

  • Aprilian Ria Adisti Universitas Negeri Semarang
  • Issy Yuliasri Universitas Negeri Semarang
  • Rudi Hartono Universitas Negeri Semarang
  • Sri Wuli Fitriati Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Literasi Digital, Ppembelajaran bahasa Inggris, Kurikulum Merdeka

Abstract

Kurikulum merdeka merupakan kurikulum pembaharuan sebagai pemulihan pembelajaran pasca pandemi. Kurikulum merdeka pada jenjang PAUD pada dasarnya lebih berfokus pada materi yang esensial seperti teknik literasi dan numerasi dibandingkan dengan teknik menghafal. Pengembangan literasi digital dalam pembelajaran bahasa Inggris merupakan bagian dari refleksi kurikulum merdeka karena aspek bahasa merupakan salah satu aspek perkembangan anak yang harus dioptimalkan sesuai dengan capaian Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA). Adapun penelitian ini merupakan sebuah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan ADDIE model yang terdiri dari Analyze, Design, Develop, Implement dan Evaluate. Hasil penelitian menunjukkan produk yang dikembangkan valid dan layak diimplementasikan dalam pengajaran bahasa Inggris untuk anak usia dini menurut lima ahli yang yang terdiri dari native speaker, pakar ICT, pakar pengajar anak usia dini, pakar kurikulum merdeka PAUD serta guru PAUD. Setelah  diuji cobakan pada lima sekolah PAUD di wilayah Jawa Tengah, disimpulkan bahwa pengembangan literasi digital pembelajaran bahasa Inggris untuk anak usia dini merupakan salah satu upaya refleksi dalam menyambut kurikulum merdeka karena berhasil menstimuli siswa menjadi pembelajar yang aktif, mampu berpikir kritis dan berkarakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila dalam kurikulum merdeka. 

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles