Tinjauan Pustaka Sistematis: Abstraksi Matematis Mahasiswa Pada Pembelajaran Matematika Berdasarkan Teori APOS

Authors

  • Arfatin Nurrahmah Universitas Negeri Semarang
  • Kartono Kartono Universitas Negeri Semarang
  • Zaenuri Zaenuri Universitas Negeri Semarang
  • Isnarto Isnarto Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Tinjauan Pustaka Sistematis, abstraksi matematis, teori APOS

Abstract

Pada prinsipnya, hambatan dan kesulitan dalam pembelajaran matematika disebabkan konten dari matematika yang abstrak. Diantara faktor yang menentukan keberhasilan dalam belajar matematika, kemampuan abstraksi matematis adalah yang paling penting. Artikel ini dimaksudkan untuk meninjau studi yang telah dilakukan berdasarkan kerangka teori APOS dalam pembelajaran matematika yang berfokus pada kemampuan abstraksi siswa di tingkat universitas. Untuk menjawab pertanyaan penelitian, dilakukan tinjauan pustaka dengan pencarian dan pemilihan artikel yang sistematis. Pencarian dilakukan melalui ScienceDirect, Education Resource Information Center (ERIC), SCOPUS, Springer, dan Google Scholar. Diperoleh 37 artikel internasional dan 4 artikel nasional yang diambil dari berbagai literatur melalui unduhan. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari artikel tentang abstraksi matematika serta teori APOS dalam pembelajaran matematika di sekolah menengah dan universitas. Metode pengumpulan data adalah dengan membaca artikel tentang abstraksi matematis dan teori APOS. Selanjutnya dilakukan identifikasi terkait abstraksi matematis dalam pembelajaran matematika, pembelajaran matematika berbasis teori APOS, abstraksi matematika, dan model kognisi berbasis teori APOS. Hasil identifikasi tersebut kemudian dianalisis melalui proses kategorisasi dan klasifikasi. Untuk data valid yang akan ditriangulasi sumber artikel adalah penulis pertama. Langkah terakhir mendeskripsikan hasil studi pustaka dan menyimpulkan. Studi literatur menunjukan bahwa hasil penelitian pada topik tentang abstraksi, model kognisi dan Teori APOS sebagian kecil saling menguatkan dan secara keseluruhan tidak ditemukan konflik antara hasil kajian. Serta pengembangan metode pembelajaran berbasis lemnbar kerja dan alat bantu pengajaran berdasarkan teori APOS dalam pembelajaran matematika pada sejumlah mata kuliah seperti geometri analitik dan aljabar II dapat meningkatkan prestasi belajar matematika mahasiswa.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles